Home / Populer / Warga bersikeras tolak tambang di Manggarai Timur

Warga bersikeras tolak tambang di Manggarai Timur

Bagikan Halaman ini

Share Button

bangFoto : Lokasi Pertambangan di Manggarai

 

 

MORAL-PO,LITIK.com, Borong- Meskipun Tim Terpadu Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Matim) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah pulang memantau aktifitas Eksplorasi Mangan yang dilakukan oleh PT.Manggarai Mangganese (MM) di Desa Lenggur Lai, Kecamatan Elar, minggu lalu (4-6/9), namun warga Kampung Tureng, Desa Lenggur Lai, tetap bersih keras menolak aktifitas eksplorasi yang dilakukan oleh PT.MM.

Bernadus Antus, perwakilan masyarakat Tureng, melalui Hand Phone selulernya, Kamis (11/9/2014) sore mengatakan, ada 50 KK warga Kampung Tureng yang menolak aktifitas eksplorasi. Sikap dasar masyarakat sudah sangat transparan yakni menolak eksplorasi mangan yang dilakukan oleh PT.MM.

Selain itu, kata dia, tidak mengizinkan lahan ulayat mereka untuk diacak-acak oleh pihak manapun.

“Apalagi saat ini pihak PT.MM belum mendapat surat izin resmi yang dikeluarkan oleh Bupati Manggarai Timur. Tetapi faktanya pihak PT.MM masih melanjutkan aktifitas eksplorasi, pungkas dia.

Bernadus mengemukakan, sumber air untuk masyarakat Buntal seluruhnya dan persawahan dari hutan yang menjadi sasaran tambang nantinya, walaupun sampai saat ini belum dirasakanan oleh Petani Buntal.

“Kami berharap Bupati Manggarai Timur datang ke Kampung Tureng untuk mendiskusikan dengan masyarakat mengenai kegiatan eksplorasi,” kata Antus

Untuk diketahui Izin Eksplorasi PT.MM saat ini sudah berakhir 9 Desember 2013. Saat ini PT. MM mengantongi surat pemberitaun sementara sambil menunggu izin lanjutan dari Bupati Manggarai Timur.

(satria)

Baca Juga :  Anies Baswedan: Penggusuran bukan solusi membenahi Jakarta

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button