Home / Populer / Ahok lebih suka Pilkada langsung, ini alasannya

Ahok lebih suka Pilkada langsung, ini alasannya

Bagikan Halaman ini

Share Button

ahol

 

 

MORAL-POLITIK.com– Fraksi di DPR mayoritas menyuarakan Pilkada melalui DPRD daripada Pilkada langsung. Opsi ini tak disetujui Wakil Gubernur DKI Basuki T Purnama alias Ahok, yang merasa Pilkada melalui kursi DPRD akan dimanfaatkan oknum anggota dewan memperkaya diri sendiri.

“Harusnya Pilkada langsung. Kalau dari DPRD nanti oknum DPRD kaya raya semua,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Jumat (5/9/2014).

Melansir detik.com, menurut Ahok, pelaksanaan Pilkada bukan hanya dilihat dari nominal dana yang dikucurkan. Ia menilai Pilkada yang melalui DPRD akan menimbulkan ‘penjajahan berskala regional’ oleh anggota dewan pada kepala daerah yang terpilih.

“Nanti semua kepala daerah bisa dikontrol dari oknum DRPD. Dikit-dikit dipanggil, tanggung jawab lagi semua. Dijajah lagi kayak dulu. Kalau zaman Pak Harto kan gampang, satu partai. Kalau sekarang, ada banyak partai ya mati,” kata dia.

Menurutnya anggaran yang harus dikeluarkan calon kepala daerah sifatnya sangat bergantung pada kebutuhannya. Ia mengaku selama maju sebagai kepala daerah di Belitung Timur, Bangka Belitung hingga maju di Jakarta tak pernah mengeluarkan anggaran yang besar.

Lebih jauh, ia menyebut anggaran besar yang disiapkan seorang calon kepala daerah karena niat untuk bermain curang.

“Aku juga nggak mahal. Nggak keluar duit kok. Lu aja bego mau mahal-mahal nyogok. Kalau nggak mau nyogok mah murah saja,” pungkas dia.

Sebelumnya, partai Koalisi Merah Putih menyetujui opsi agar Pilkada dilakukan melalui DPRD. Mereka beralasan jika pemilihan secara langsung selama ini sarat dengan manipulasi, politik uang dan menimbulkan gesekan di masyarakat. (erny)

Baca Juga :  Amien Rais mempertebal mimpi PAN di Bantul

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button