Home / Populer / ‘Alat Uji’ Jokowi untuk Paspampres hanya Blusukan

‘Alat Uji’ Jokowi untuk Paspampres hanya Blusukan

Bagikan Halaman ini

Share Button

Jokowi-Blusukan-140805-c

 

MORAL-POLITIK.com- Blusukan sudah menjadi ciri khas bagi presiden terpilih yang juga Gubernur DKI Joko Widodo. Hanya dalam keadaan tertentu Jokowi akan berada di kantor seharian. Selebihnya, eks Walikota Solo itu sibuk blusukan setiap hari.

Jokowi menilai turun ke lapangan menjadi salah satu cara efektif menjadi pemimpin karena dapat melihat masalah yang terjadi di masyarakat secara langsung. Ia menolak menjadi pimpinan yang hanya sibuk di kantor dan mendengar laporan ABS (asal bapak senang) dari bawahannya.

Melansir detik.com, bersama Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok, yang didapuknya menjadi wakil gubernur pada pilkada DKI 2012, Jokowi membagi tugas. Jokowi blusukan bertemu masyarakat sedangkan Ahok yang mengawasi kinerja birokratnya dari dalam kantor.

Saat mencalonkan diri sebagai presiden, Jokowi berjanji tak akan berubah. Ia tetap akan blusukan ke seluruh wilayah di Indonesia. Hanya saja, polanya sedikit bertransformasi. Ada yang langsung bertemu masyarakat seperti sekarang, namun ada juga yang disebutnya e-blusukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Ketika Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak gugatan sengketa Pilpres yang diajukan Prabowo-Hatta, saat itulah status Jokowi sebagai presiden terpilih menjadi sah. Dengan begitu, pengamanan terhadap dirinya turut berubah.

Jika biasanya dikawal aparat kepolisian, kini Jokowi dikawal Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Standar keamanan pun ditingkatkan. Bersama Paspampres, Jokowi juga difasilitasi mobil kepresidenan Mercedes Benz S Class yang anti peluru dan dilengkapi teknologi tinggi.

Selasa (26/8/2014) kemarin, untuk pertama kalinya Jokowi blusukan dengan pengawalan Paspampres. Saat hendak berangkat, para Paspampres yang awalnya mengenakan setelan jas berganti baju batik lengan panjang. Iring-iringan Jokowi juga sempat merasakan macetnya Jalan Sudirman di siang hari.

Baca Juga :  Gedung MK mulai dikepung Massa Pendukung Prabowo-Hatta

(erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button