Home / Populer / Bagi Pria Botak di usia 40, Waspada Kanker Prostat

Bagi Pria Botak di usia 40, Waspada Kanker Prostat

Bagikan Halaman ini

Share Button

Botak-priaIlustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Menjelang tua, rambut pria cenderung akan berkurang atau rontok. Akan tetapi kerontokan rambut pada pria tak melulu karena usia, ada juga karena pengaruh hormon. Konon pria yang rambutnya rontok atau botak karena hormon ini berisiko terserang kanker prostat. Benarkah itu?

Setidaknya inilah yang dikemukakan tim peneliti dari US National Cancer Institute. Kesimpulan ini diperoleh setelah mereka mengamati 40.000-an pria dari AS yang berusia antara 55-74 tahun selama 8 tahun. Tiap partisipan juga diminta menjawab sejumlah pertanyaan misal kebotakan seperti apa yang pernah mereka alami di usia 45 tahun.

18 Persen partisipan mengaku pernah mengalami Alopecia, yang ditandai dengan hilangnya rambut di bagian depan hingga ke belakang dan menyisakan rambut di atas kedua telinga.

Melansir detik.com, dalam studi lanjutan yang dilakukan antara tahun 2006-2008 ditemukan lebih dari 1.100 pria dari studi pertama didiagnosis mengidap kanker prostat. 600 orang di antaranya dikatakan terserang kanker prostat yang agresif.

“Ternyata pria yang mengaku mengalami Alopecia, berpeluang 39 persen lebih besar untuk terserang kanker prostat yang agresif ketimbang yang tidak botak sama sekali,” tutur salah seorang peneliti, Michael Cook seperti dikutip dari Journal of Clinical Oncology, dan ditulis pada Rabu (17/9/2014).

Mengapa begitu? Dr Charles Ryan dari fakultas kesehatan University of California yang tidak terlibat dalam studi ini menjelaskan kebotakan karena Alopecia ini merupakan dampak dari lamanya paparan hormon testosterone ke kulit penderita.

“Masalahnya bukan di banyaknya hormon tapi kemampuan kulit untuk memproses hormon tersebut. Apalagi testosterone sudah lama diketahui dapat memicu kanker.

Namun Cook belum dapat memastikan apakah pria yang mengalami kebotakan semacam ini dijamin akan mengidap kanker prostat.

Baca Juga :  "Belum pasti kapan Jokowi bersikap soal Status Calon Kapolri"

“Mungkin di masa depan, kebotakan ini akan memainkan peran penting dalam memperkirakan risiko kanker prostat pada seseorang, terutama pada pria yang rambutnya mulai rontok di usia 40-an. Mungkin mereka perlu berkonsultasi kepada dokter bila ini terjadi karena ini bisa jadi gejala peringatan awal,” imbuh Cook.
(erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button