Home / Populer / “BBM Memiskinkan Masyarakat itu Mitos?”

“BBM Memiskinkan Masyarakat itu Mitos?”

Bagikan Halaman ini

Share Button

rokFoto : Ilustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.com- Pengamat ekonomi Faisal Basri mengatakan, kemiskinan di desa-desa sepertiganya diakibatkan oleh tingginya harga pangan dan konsumsi rokok. Sementara bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi lebih banyak dinikmati masyarakat perkotaan.

“Di desa sepertiga kemiskinan karena beras, lalu karena rokok kretek. Jadi BBM memiskinkan itu mitos. Itu cuma isu kita di kota-kota,” ujar Faisal Basri dalam acara talk show subsidi BBM: Solusi atau Masalah di Jakarta, Minggu (7/9/2014).

Melansir kompas.com, dia menjelaskan, penyebab utama sepertiga kemiskinan yang mayoritas berada di desa karena harga beras yang melambung. Pasalnya, kata Faisal, masyarakat desa lebih besar mengkonsumsi beras dibandingkan menggunakan bensin. Selain beras, kemiskinan di desa juga disebabkan karena harga rokok yang murah.

Hal tersebut berpengaruh karena masyarakat miskin di desa juga mengkonsumsi rokok yang membuat biaya hidup masyarakat desa semakin terbebani.

“Meskipun begitu saya tidak bilang harga beras harus turun, tapi keuntungan harga beras dinikmati pedagang bukan petani. Kedua naikkan harga cukai rokok, prinsipnya jauhkan orang miskin dari rokok,” kata dia.

(erny)

Baca Juga :  Jokowi: Tantangan terberat sekarang kesenjangan orang kaya dan miskin

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button