Home / Populer / H Rahman: Pengesahan RUU Sebagai “Revans” dari Koalisi Merah Putih

H Rahman: Pengesahan RUU Sebagai “Revans” dari Koalisi Merah Putih

Bagikan Halaman ini

Share Button

dprdSuasana Sidang Pengesahan RUU di DPR

 

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Pengesehan RUU Pilkada menuai protes dari berbagai kalangan masyarakat. Namun secara politik disahkannya RUU Pilkada ini merupakan revans dari Koalisi Merah Putih (KMP) seperti Partai Gerindra, PPP, PKS, PAN, dan Golkar, terhadap PDIP dan koalisi partai-partai yang  sukses mengusung Joko Widodo-Jusuf Kalla menjadi presiden RI masa jabatan 2014-2019.

“KMP memainkan peran penting sehingga RUU Pilkada tidak langsung berhasil disahkan dengan didapatkan melalui voting anggota, dengan total 361 suara, yang terdiri dari 135 anggota DPR mendukung Pilkada langsung dan 226 anggota DPR mendukung Pilkada tidak langsung,”kata H Rahman, warga Kota Kupang kepada media ini, Sabtu (27/9/2014).

Dengan disahkannya RUU, tambahnya, dapat dikatakan bahwa KMP berhasil melakukan revans atas kekalahan pada pilpres 9 Juli lalu. Namun terlepas dari itu semua, masayarakat juga harus menerima putusan disahkannya RUU Pilkada tidak langsung. Elite politik senayan mungkin berpikir bahwa pilkada langsung sangat memakan biaya besar, padahal negara Indonesia masih terdapat banyak masyarakat miskin yang membutuhkan dana untuk peningkatan ekonomi.

Secara pribadi, katanya, dirinya juga mendukung pilkada tidak langsung karena pilkada langsung banyak menyebabkan perpecahan di tengah masyarakat berdasarkan suku, agama, dan ras (Sara). Selain itu, tambahnya, pemerintahan yang amburadul karena balas jasa politik, dan sejumlah masalah yang punya dampak sosial besar dari pilkada langsung.
(nyongky)

Baca Juga :  Kasi Pidsus Soe : Tahun 2014 sudah ada tersangka kasus dana BOS !

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button