Home / Populer / Hanura: Pasca Penetapan RUU Pilkada, Demokrasi Harus Ditegakan

Hanura: Pasca Penetapan RUU Pilkada, Demokrasi Harus Ditegakan

Bagikan Halaman ini

Share Button

IMG-20140929-02501Robby Ken

 

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Meskipun Partai Hanura dalam voting RUU Pilkada menolak pemilihan kepala daerah (Pilkada) tidak langsung, politisi asal Partai Hati Nurani Rakyat, Robby Ken mengaku bahwa keputusan sudah diambil dan semua pihak harus menerimanya.

“Saya memang mendukung apa yang menjadi keputusan DPP untuk menolak UU Pilkada tidak langsung. Namun semua sudah terjadi. Sekarang bagaimana kita harus memikirkan proses demokrasi untuk pilkada berjalan dengan baik dan seadil-adilnya. Jangan sampai dengan ditetapkan UU Pilkada tidak langsung, demokrasi tidak berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang tidak baik pula,” kata Robby Ken kepada wartawan di Kota Kupang, Senin (29/09/2014).

DPRD yang memilih kepala daerah sah-sah saja, katanya, hanya pemilihan harus berjalan bersih dan benar. Suap menyuap, tambahnya, politik uang harus dihindari oleh para anggota DPRD pada saat pemilihan umum kepala daerah.

Jika penentuan kepala daerah ditentukan oleh uang, tambahnya lagi, maka jangan harap melalui pilkada tidak langsung dapat menghasilkan pemimpin yang baik dan peduli rakyat.

“Jika pilkada ditentukan oleh uang, maka siapa saja bisa menjadi kepala daerah, asal punya duit. Ini yang menjadi penyakit, sebab tidak semua orang yang maju menjadi kepala daerah punya tujuan dan keinginan masing-masing. Syukur kalau dia (calon pemimpin red) benar-benar niat membangun daerah. Tetapi kalau calon kepala daerah yang maju hanya untuk kepentingan kekuasaan, memperkaya diri,  maka semakin hancur negeri ini. Oleh karena itu, pasca penetapan UU pilkada tidak langsung oleh DPR RI, semua pihak harus turut mengawasi jalannya pilkada tidak langsung agar berjalan dengan benar untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” katanya, menutup dialog.
(nyongky)

Baca Juga :  DPP PDIP Belum Menetapkan Sejumlah Pimpinan DPRD di NTT

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button