Home / Populer / Hence Taklal: Pilkada Langsung Selalu Menimbulkan Masalah

Hence Taklal: Pilkada Langsung Selalu Menimbulkan Masalah

Bagikan Halaman ini

Share Button

Hence TaklalHence Taklal

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Pilkada langsung selalu menimbulkan masalah baru, sehingga sebagai warga negara yang baik harus mendukung penetapan UU yang mengatur tentang Pilkada tidak langsung.

“Selama ini setiap kali habis pemilukada, khususnya di NTT, selalu saja ada masalah baru, terutama dalam birokrasi. Banyak pejabat yang berpotensi dibuang karena tidak mendukung calon terpilih. Sedangkan banyak pejabat yang tidak mempunyai kapasitas apa-apa, asal bekerja dan memenangkan calon terpilih, dipercayakan memimpin sebuah SKPD,” kata Hance Taklal kepada media ini, Senin (29/9/2014) di Kota Kupang.

Pilkada langsung juga, katanya, sering menimbulkan persoalan SARA. Di daerah yang terdiri dari berbagai suku seperti suku di NTT, tambahnya, akan menjadi masalah karena salah satu suku yang terpilih, maka orang dari suku-suku itu akan menguasai pemerintahan selama lima tahun. Sedangkan suku yang tidak punya keterwakilan baik kepala daerah maupun wakilnya, sudah pasti tersingkir dan tidak punya jabatan apa-apa, meski para pejabat itu punya kemampuan yang mumpuni untuk menjalankan tugas-tugas kedinasan.

“Banyak sebenarnya masalah yang diciptakan oleh oleh pilkada langsung,” tambahnya.

Oleh karena itu, di antara pro dan kontra, tambahnya lagi, dirinya mendukung pilkada tidak langsung yang saat ini sudah ditetapkan DPR.

“Tidak perlu lagi kampanye-kampanye yang menghimpun masa banyak, tidak ada lagi pembiayaan yang besar oleh negara, dan sejumlah biaya lainnya. DPRD habis memilih persoalan selesai. Tidak ada lagi sengketa-sengketa yang berkepanjangan hingga ke Mahkamah Konstitusi,” katanya, mengakhiri.
(nyongky)

Baca Juga :  Andre W Koreh dan Target Pelaksanaan Proyek di 2016

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button