Home / Populer / “Indonesia tergantung BBM RON 88 dari Riza Chalid”

“Indonesia tergantung BBM RON 88 dari Riza Chalid”

Bagikan Halaman ini

Share Button

faisalFoto : Faisal Basri

 

 

 

MORAL-POLITIK.com- Pengamat Ekonomi Faisal Basri menilai, dalam mengimpor bahan bakar minyak (BBM), Pertamina sangat tergantung dengan pengusaha minyak Riza Chalid. Padahal menurutnya, Pertamina tidak perlu membeli minyak impor dari Riza Chalid.

“Enggak perlu Muhammad Riza Chalid, tidak perlu. Tapi diciptakakan seakan-akan Muhamad Riza Chalid itu sesuatu banget di negara ini,” ujar Faisal Basri di Jakarta, Minggu (7/9/2014).

Melansir kompas.com, Faisal menjelaskan, alasan utama Pertamina tergantung pada Riza Chalid karena Pertamina masih membeli BBM RON 88 dari Riza Chalid. Padahal kata dia, RON 88 adalah minyak yang tidak diperjualkan di pasar internasional.

“Karena yang kita impor kan R0N 88, RON 88 itu di hampir semua dunia ini enggak ada, hanya buat Indonesia karena tidak sesuai dengan lingkungan karena sudah UERO 2 dan RON 92, minimum itu janji pemerintah,” kata dia.

Tak hanya di situ, menurut Faisal, Riza Chalid juga mengatur kadar oktan yang ada di RON 88 yang tidak pernah dibuka ke publik datanya. Di sisi Pertamina, Faisal juga menyoroti ketidakterbukaan Pertamina mengenai harga BBM yang dibeli dari Riza Chalid.

“Harganya kita enggak tahu, kan kalau harga minyak kita tahu, kalau yang ini tidak tahu kan. Nah seolah-olah kalau kita memutus Riza Chalid, Indonesia akan kolaps impornya karena ketergantungan RON tadi. Di dunia itu RON 92, RON 88 enggak ada,” kata Faisal.

(erny)

Baca Juga :  Ahok: Kalau Mereka Ada Seribu Preman, Kami Datangkan Seribu Brimob Bersenjata

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button