Home / Populer / Ini dia Agenda Sidang Kabinet Paripurna

Ini dia Agenda Sidang Kabinet Paripurna

Bagikan Halaman ini

Share Button

kabinetIlustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Presiden SBY sore ini menggelar sidang kabinet paripurna (Sidkabpar) di kantor Presiden. Rapat tersebut membahas beberapa topik mulai dari isu ISIS hingga dinamika RUU Pilkada.

“Pertama (membahas) dinamika perkembangan isu ISIS. Kedua tentang dinamika RUU Pilkada, sekarang masih berlangsung sehingga saya tidak akan jelaskan,” ujar Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Djoko Suyanto dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Utara, Minggu (14/9/2014).

Melansir detik.com, Djoko menjelaskan akan ada waktunya pemerintah menjelaskan dinamika DPR terkait RUU Pilkada. Sehingga Djoko hanya mengulas permasalahan isu ISIS.

Dia menjelaskan, isu ISIS dari hari ke hari tak ada tanda-tanda mereda. Di sisi lain, negara-negara barat menangani isu ISIS dengan cara yang keras dengan melakukan serangan-serangan kepada yang diduga ada kegiatan ISIS di dalamnya.

Menurutnya, dampak dari pendekatan keras yang diambil oleh negara barat akan berpengaruh pada Indonesia. Djoko juga melihat ada pendekatan soft power yang bisa diambil dengan melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Soft power yang mengawasi kegiatan tersebut, TNI, Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat yang sejak kita deklarasikan bulan lalu telah melalui tindakan pencegahan. Yang pasti bila ada kegiatan yang melanggar hukum tindakan radikal dan terorisme pasti itu akan menghadapi penegakan hukum,” ulasnya.

Perkembangannya, Djoko menguraikan ada beberapa WNI dan WNA yang ditangkap di Sulawesi Tengah. Penangkapan ini masih terus diselidiki.

Untuk itu, Presiden SBY juga memberi beberapa arahan terkait kelompok ISI. Salah satunya adalah kementrian lembaga terkait agar mencegah, berangkatnya WNI yang berangkat ke Timteng yang bergabung dengan IS atau ISIS.

“Kemenkumham dibantu dengan yang lain dalam clearing house akan selektif dalam menerbitkan paspor dan mereka yang akan melakukan perjalanan ke Timteng dan bagi kedutaan yang memberikan visa, seperti Turki yang mudah memberikan visa atau passport on arival,” pungkas Djoko.

Baca Juga :  Ahok tanggapi ancaman Fraksi Gerindra lengserkan Jokowi

(erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button