Home / Populer / Inilah air sungai andalan Warga Borong

Inilah air sungai andalan Warga Borong

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kali-Wae-Laku-Kecamatan-Borong-Manggarai-TimurFoto : Sungai Wae Laku

 
MORAL-POLITIK.com, Borong- Kendati kebutuhan akan air bersih begitu penting, tapi tidak semua warga dapat memperolehnya dengan mudah. Di tengah keterbatasan infrastrukutr pelayanan air bersih, sebagian warga Manggarai Timur, terutama  warga Kampung Jawang, dan Kampung Sok, Desa Golo Kantar, serta warga Borong selalu menjadikan Sungai Wae Laku dan Wae Bobo sebagai  sumber air minum dan kebutuhan lainnya.

Sungai Wae Bobo merupakan kali yang mengaliri persis di jantung Kota Borong, ibukota Kabupaten Manggarai Timur. Sementara Sungai Wae Laku berada  di wilayah pinggiran Kota Borong. Hampir setiap hari kedua kali ini diserbu warga untuk memenuhi kebutuhan akan air.

Pantauan media ini,  Selasa (9/9) sore, begitu banyak warga yang bertandang ke Sungai Wae Laku maupun Sungai Wae Bobo. Selain menimba air minum, warga menggunakan air sungai untuk mandi dan mencuci.

“Saya setiap hari datang ke Sungai Wae Laku membawa jerigen air. Karena sumber air minum sangat jauh dari rumah,” kata  Hendro Jebarus, seorang warga Jawang, Desa Golo Kantar, Kecamatan Borong  kepada moral-politik.com (9/9/2014).

Hendro menambahkan, meskipun air kali tercemar,  warga punya kreativitas untuk mengelola air sungai agar dapat dikonsumsi.  “Air Sungai Wae Laku dijadikan sumber air minum tetapi harus disaring sampai bersih, kemudian direbus biar kuman penyakit mati,” kata dia.

Masih menurut Hendro, bukan hanya warga Jawang yang menggunakan air Sungai Wae Laku, tetapi  warga Borong juga ikut memanfaatkan.

“Bukan hanya kami yang biasa menimba air sungai, warga Kampung Sok dan bahkan warga kota Borong banyak yang mengambil air di sini,” kata dia lagi.

Dengan situasi ini dia berharap, Pemkab Manggarai Timur dapat  memenuhil kebutuhan air minum dan mempercepat proses pembangunan infrastruktur untuk warga Borong.

Baca Juga :  Ahli Forensik AKBP M Nuh: Tidak ada rekaman Video Ahok yang diedit

Kondisi kesulitan air yang dialami warga ini, memang sudah banyak diberitakan media bahkan sudah menjadi perhatian pemerintah. Namun hingga saat ini belum juga dapat teratasi.  Dalam pidato sambutan HUT RI tentang pembangunan Manggarai Timur belum lama ini, Bupati Manggarai Timur Yoseph Tote mengatakan pembangunan infrastruktur air minum di Borong masih tahap finalisasi dan dibutuhkan kesabaran.

“Pembangunan di daerah  kita banyak menghadapi kendala karena kondisi topografi Manggarai Timur yang begitu sulit,” pungkas  Tote.

(Satria)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button