Home / Populer / Jawaban Mahfud MD soal Pilkada Langsung atau Tidak Langsung

Jawaban Mahfud MD soal Pilkada Langsung atau Tidak Langsung

Bagikan Halaman ini

Share Button

mudMahfud MD

 

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Mantan Ketua Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa Mahfud MD, menolak menyatakan dengan tegas soal sistem pemilihan kepala daerah yang dia dukung, apakah lewat pemilu langsung atau dipilih oleh DPRD.

“Dua-duanya boleh. Mau langsung (atau) tidak langsung, boleh. Terserah saja,” ujar Mahfud, di Jakarta, Rabu (17/9/2014). Menurut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini, kedua metode itu memiliki kekurangan dan juga kelebihan masing-masing.

“Sekarang kekuatannya secara politik imbang sehingga belum bisa dipastikan dalam kalkulasi politik mana yang jadi keputusan DPR dan pemerintah,” katanya.

Melansir kompas.com, Mahfud menilai pilkada langsung atau pun melalui DPRD sama-sama sah secara konstitusional. Sering kali pula, kata dia, pemilu langsung maupun tidak langsung juga membawa mudharat bagi masyarakat.

Dalam pilkada langsung, tambahnya, seorang calon kepala daerah harus melakukan politik uang untuk membeli suara rakyat. Namun hal serupa, menurut dia, bukan tidak mungkin akan terjadi bila pemilihan dilakukan oleh DPRD.

“Yang penting pemerintah, DPR, dan civil society bisa membuat pilkada langsung tidak langsung ini mudharat-nya ditutup,” katanya lagi.

(erny)

Baca Juga :  Hanya Maia bisa hentikan Farhat “menyerang” Ahmad Dhani

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button