Home / Populer / Jokowi: “Tidak ada koalisi permanen di dalam dunia politik”

Jokowi: “Tidak ada koalisi permanen di dalam dunia politik”

Bagikan Halaman ini

Share Button

jokowi-megawati-dan-jusuf-kallaJokowi, Megawati, JK

 

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Presiden terpilih Joko Widodo yakin bahwa Koalisi Merah Putih tidak akan bertahan lama. Menurut Jokowi, tidak ada yang namanya koalisi permanen di dalam dunia politik.

“Koalisi permanen itu ndak ada dalam politik. Pasti mentok dengan realitas politik,” ujar dia di rumah dinas kegubernuran di Jalan Taman Surapati, Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/9/2014) siang.

Melansir kompas.com, prediksi tersebut, lanjut Jokowi, sangat terkait dengan Rancangan Undang-Undang Pilkada yang akan disahkan pada 25 September 2014. Jokowi tak yakin bahwa semua anggota Koalisi Merah Putih mendukung pilkada tidak langsung.

“Terlebih lagi, pemerintah kan sudah memberikan dukungan, Demokrat juga memberi dukungan pilkada langsung. Dihitung saja, bisa kan?” ujar Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi memastikan bahwa Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merapat ke kubunya. Hal itu ditandai dengan kedatangan petinggi kedua partai politik tersebut dalam Rakernas PDI Perjuangan di Semarang, Jawa Tengah.

Dukungan kedua partai itu ke kubu Jokowi-JK tentu memengaruhi pembahasan RUU Pilkada di parlemen. Sebelumnya, kedua partai itu mendukung pilkada tak langsung bersama dengan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun, jika PAN dan PPP bergabung ke Jokowi-JK, bukan tak mungkin mereka mengubah haluan politik mendukung pilkada langsung.

Seperti diberitakan, PDI-P, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendukung pilkada langsung.

(erny)

Baca Juga :  Jokowi semakin dekat menuju RI 1

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button