Home / Populer / Jokowi yakin “Kepala Daerah yang Milih Dewan Akan Lebih Korup”

Jokowi yakin “Kepala Daerah yang Milih Dewan Akan Lebih Korup”

Bagikan Halaman ini

Share Button

jokowi6-846x475Jokowi

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan penolakannya terhadap usulan pemilihan kepala daerah lewat DPRD dalam pembahasan RUU Pilkada. Jokowi meyakini kepala daerah hasil pemilihan lewat DPRD akan lebih korup dibanding saat ini.

“Saya pastikan kalau (kepala daerah) yang milih Dewan, akan lebih korup,” ujar Jokowi di kawasan rusun Marunda, Jakarta Utara, Kamis (25/9/2014).

Jokowi mengatakan, jika dipilih melalui DPRD, kepala daerah tidak memiliki keterikatan batin dengan rakyatnya. Kepala daerah seakan-akan tak memiliki tanggung jawab moral terhadap rakyat.

Melansir kompas.com, sebaliknya, lanjut Gubernur DKI Jakarta itu, kepala daerah malah akan merasa bertanggung jawab secara moral kepada DPRD. Kondisi ini yang rentan terhadap praktik korupsi.

“Selanjutnya, rakyat punya kedaulatan jika melalui Pilkada langsung, sehingga apa yang mereka kehendaki, ya dialah yang menjadi pemimpin,” katanya.

Meski tidak setuju, tambahnya, dirinya menyerahkan sepenuhnya pembahasan dan pengesahan RUU Pilkada tersebut kepada DPR bersama pemerintah. Hari ini DPR akan mengambil keputusan terkait RUU Pilkada.

Rapat paripurna akan menjadi penentu mekanisme pemilihan kepala daerah, apakah langsung oleh rakyat atau oleh DPRD. Hingga rapat kerja kemarin, masih terlalu banyak perbedaan sikap di antara fraksi-fraksi di Komisi II DPR mengenai RUU Pilkada.

(erny)

Baca Juga :  Rote Ndao : Baru 52 Desa cairkan dana ADD

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button