Home / Sport / JS Resmikan Jembatan Manutapen-Airnona

JS Resmikan Jembatan Manutapen-Airnona

Bagikan Halaman ini

Share Button

IMG-20140904-01571

MORAL-POLITIK.com- Hari ini, Kamis (04/09/2014), Walikota Kupang Jonas Salean (JS) meresmikan jembatan yang menghubungkan anta Kelurahan  Airnona dan Kelurahan Manutapen.

Jembatan itu dibangun menggunakan alokasi dari Dana Alokasi Khsusu (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2013. Jembatan yang menghubungkan kedua kelurahan yang selama ini terisolir oleh kali besar, memiliki panjang 15 meter, dan lebar 6 meter dengan anggaran DAK dan DAU sebesar Rp 1, miliar lebih.

Acara peresmian ini dihadiri Wakil Walikota Kupang Hermanus Man (HM), Sekertaris Kota Kupang, Bernadus Benu (BB), para asisten Sekda Kota Kupang, staf ahli, forum pimpinan daerah Kota Kupang, pimpinan SKPD lingkup Kota Kupang, Camat Alak dan Kota Raja, para lurah, LPM, Ketua RT/RW, tokoh masyarakat, pemuda dan undangan lainnya.

JS mengatakan, jembatan ini menghubung antara Kelurahan Aernona dan Manutapen yang merupakan salah satu kelurahan pinggiran wilayah kota.

“Memang jembatan ini terlihat kecil tetapi manfaatnya sangat luas kepada warga Kota Kupang. Walau jembatan ini panjangnya hanya sekian meter, tetapi menjadi alternatif bagi warga jika mengakses masuk ke Kota Kupang dan bebas hambatan,” kata dia.

Ia mengatakan, pembangunan jembatan ini memperpendek jarak bagi warga yang datang ke Airnona atau dari Airnona ke Manutapen, dan efeisiensi BBM bagi warga yang bertugas di Kota Kupang.

Dikatakannya, jembatan ini sudah dinanti dengan pergumulan yang sudah lama, dan saat dirinya menjadi Sekda sudah pernah diukur dan dipatok.

Tetapi, katanya, selama lima tahun dibiarkan dan saat ini baru dibangun. Memang saat musim hujan sangat susah bagi warga untuk melewatinya karena air kali yang mulai membesar. Padahal, hasil pertanian cukup untuk pasokkan bagi warga Kota Kupang. Tahun 2015 bersama DPRD Kota Kupang diprioritaskan pada tiga hal pokok, yakni perbaikan jalan lingkungan di 51 kelurahan, jembatan dan lampu jalan.

Baca Juga :  Kementerian Perdagangan keluhkan penutupan impor daging sapi

Kepala Dinas PU Kota Kupang Beni Sain mengatakan, jembatan Airnona-Manutapen ini merupakan proyek pekerjaan fisik Dinas PU Kota Kupang tahun 2013. Persemian jembatan ini, kata dia, menjadi momentum untuk  mendekatkan informasi kepada masyarakat tentang hasil pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot Kupang melalui Dinas PU.

Ia berharap, dari persemian ini muncul motivasi dari seluruh kompona masyarakat dan pelaksana pembangunan agar memiliki rasa lebih sehingga hasil pembangunan dijaga dan dipelihara.

Menurutnya, tahun 2013 di Dinas PU terdapat 15 program dan 35 kegiatan dengan total anggaran sebesar Rp 43.476.874.452, termasuk  pembangunan jembatan ini.

(nyongky)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button