Home / Sport / JS Sesalkan Pungli di Dispenduk Kota Kupang

JS Sesalkan Pungli di Dispenduk Kota Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button

jeFoto : JS

 

 

MORAL-POLITIK.com- Wali Kota Kupang Jonas Salean (JS) menyesalkan tindakan pungutan liar yang dilakukan oknum di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang saat pengurusan kartu tanda penduduk (KTP). Banyak warga memprotes lambanya pengurusan KTP dan adanya kewajiba membayar Rp 75 ribu setiap pengurusan KTP.

Hal itu dikatakan JS kepada wartawan di Kota Kupang, Rabu (3/9).

Diakuinya, pada Senin pagi kemarin, ia ditelepon seorang ibu sambil menangis karena dipersulit saat mengurus KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Ibu tersebut mengeluhkan bahwa untuk mengurus KTP ia harus menumpang ojek.Bahkan, biaya mengurus KTP sudah sangat mahal karena selain mengeluarkan biayaojek, ia juga harus membayar Rp 75 ribu agar KTP-nya bisa cepat diproses.

Saat ditelepon, kata JS, ia hendak menghadiri pertemuan terkait transportasi dengan Dinas Perhubungan Kota Kupang.

“Saya akhirnya memilih memenuhi permintaan ibu yang telepon sambil menangis. Saya tinggalkan pertemuan dan langsung sidak ke Dinas Kependudukan,” kata JS.

Saat di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, ia mengumpulkan semua petugas pengurus KTP. Kepada mereka ia menginstruksikan agar memproses pengurusan KTP seepatnya dan tanpa dada pungutan apapun kepada warga yang mengurusnya.

“Saya tiba di kantor Dinas Kependudukan, warga yang sedang urus histeris. Mereka mengeluh setengah mati urus KTP. Datang petugas bilang berkas belum lengkap, datang lagi bilang berkas belum lengkap, ada petugsa yang bisik, kalau ibu mau cepat, harus kasih sedikit untuk petugas baru bisa cepat,” pungkas JS.

Bahkan, ada warga yang mengurus KTP hingga tiga bulan belum juga keluar.  Karena itu, ia langung sidak dan melihat langsung proses pengusan KTP di dinas tersebut.
(nyongky)

Baca Juga :  17 aset Pemkot, baru bersertifikat di tahun 2014

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button