Home / Populer / Koalisi Merah Putih perjuangkan hapus Pilkada Langsung (1)

Koalisi Merah Putih perjuangkan hapus Pilkada Langsung (1)

Bagikan Halaman ini

Share Button

pot

 

 

MORAL-POLITIK.com- Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada yang akan disahkan DPR dalam waktu kurang dari sebulan, patut dicermati bersama. Adalah isu soal pemilihan kepala daerah yang akan dikembalikan pada rezim Orde Baru yaitu melalui DPRD.

Opsi pemilihan gubernur, wali kota dan bupati dipilih melalui DPRD ini didukung oleh 5 fraksi DPR yaitu Demokrat, Golkar, PAN, PPP dan Gerindra. Sementara opsi kepala dipilih langsung seperti sekarang, disetujui PDIP, PKS, Hanura, dan PKB.

Melihat komposisi jumlah kursi di DPR, maka sudah jelas opsi yang kemungkinan besar disahkan adalah opsi pertama, kepala daerah dipilih melalui DPRD tidak lagi secara langsung rakyat terlibat.

Melansir detik.com, hal yang menarik dicermati adalah perubahan sikap 3 fraksi yaitu PAN, Gerindra dan Golkar yang semula setuju kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat, tiba-tiba berubah mendukung dipilih DPRD.

“Perubahan mendadak sikap tiga fraksi yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih ini sangat menggelikan. Sebelumnya Fraksi Demokrat dan PPP memang sejak awal setuju dengan draf pemerintah agar Pilkada langsung dihapuskan di tingkat Kab/Kota. Sementara PKS tetap dalam sikap menolak pelaksanaan pilkada melalui DPRD,” pungkas Direktur LIMA Ray Ranguti dalam pesan singkat, Jumat (5/9/2014). (bersambung)

(erny)

Baca Juga :  Kata Ahok, Kambing yang "Dibedakin" Pun Bisa Jadi Gubernur...

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button