Home / Populer / Komnas Ham: Hentikan Aktivitas Tambang PT. Adytia

Komnas Ham: Hentikan Aktivitas Tambang PT. Adytia

Bagikan Halaman ini

Share Button

HAMIlustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta pihak PT. Adytia Bumi Pertambangan untuk menghentikan sementara proses eksplorasi di Lingko Tumbak, Desa Satar Punda, Kecamatan Lambaleda, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Permintaan ini disampaikan Manager Nasition, anggota Sekretaris Sub Bidang Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM di depan para peserta dialog terbuka yang dilaksana di Aula Bupati Matim, Rabu (17/9) kemarin.

Rapat terbuka yang menghadirkan Bupati Matim, Wakil Bupati, Dandim Ruteng, Kasat Reskrim Polres Manggarai, Kapolsek Borong, Danramil Borong, Pihak PT. Adytia dan Tokoh Masyarakat Tumbak yang pro tambang dan menolak tambang ini menghasilkan beberapa rekomendasi yakni meminta menghentikan sementara aktifitas tambang di Lingko Tumbak untuk sementara waktu sampai mendapat surat resmi hasil investigasi pihak Komnas HAM dalam waktu dekat.

“Kami memintah manajer PT.Adytia untuk menghentikan sementara aktifitas penambangan di Lingko Tumbak sampai ada surat resmi hasil investigasi. Penghentian sementara ini untuk meminimalisir konflik horizontal antara sesama masyarakat lingko Tumbak” kata Manager

Selain meminta menghentikan sementara aktifitas tambang, pihak KomNasHam juga meminta pemerintah Daerah atau Bupati Matim untuk membuat Peraturan Daerah tentang pengakuan lembaga adat sebagai lembaga tertinggi di kampung sehingga lembaga adat dikampung mendapat pengakuan yang kuat disetiap pengambil kebijakan dan  memfasilitasi kembali pertemuan warga tumbak tentang kesepakatan aktifitas tambang di kampung Tumbak.

(Satria)

Baca Juga :  Duh!! Kapal Ikan Pengangkut Puluhan Ton Avtur Susi Air Diamankan

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button