Home / Populer / Kota Kupang: Kemarau Berkepanjangan, Debit Air Turun 30 Persen

Kota Kupang: Kemarau Berkepanjangan, Debit Air Turun 30 Persen

Bagikan Halaman ini

Share Button

airFakta Kekeringan di Kota Kupang

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Musim Kemarau yang berkempanjangan di Kota Kupang berdampak pada ketersediaan air di sejumlah sumber air milik Perusahan Daeraj Air Minum (PDAM)  Kota Kupang, baik itu sumber air  bawah tanah maupun sumber air permukaan yang selama ini dipergunakan sebagai sumber air.  Kemampuan produksi air saat ini menurun hingga 30 persen. Meski begitu hal tersebut belum berdampak pada pelayanan kepada pelanggan.

Demikian dikatakan Direktur Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kupang, Noldy Mumu kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (22/9) kemarin, saat dikonfirmasi soal kebutuhan air masayarakat Kota Kupang dimusim kemarau .

Menurutnya, penurunan debit air dari dua sumber air baru terjadi awal bulan September. Dalam Kondisi normal kemampuan produksi air milik PDAM mampu melayani masayarakat Kota Kupang setiap hari tanpa ada jadwal tertentu. Namun dengan kondisi sekarang, distribusi kepada pelanggan dibatasi sebanyak  dua atau tiga kali dalam seminggu.

“Di Kota ada sembilan zona yang harus dilayanai oleh PDAM Kota Kupang. Penditribusian di masing-masing zona tidak semua sama, tergantung dari besaran debet air yang dikeluarkan untuk tiap zona. zona paling kritis pada saat musim kemarau yakni di Kelurahan Oeleta-Penkase dan Oebufu,” kata Noldy.

Dia mengatakan, untuk membatasi distribusi air, bagi pelanggan pasca menurunya debet air ada musim kemarau,  PDAM  menempatkan petugas di setiap zona guna menyampaikan sistim pendistribusian air bagi pelanggan. Penempatan itu bertujuan agar distribusi air dilapangan berjalan dengan adil.

Selain itu, lanjutnya, PDAM juga memasang baliho yang menghimbau kepada pelanggan untuk menggunakan air secara  hemat dan efisien mengingat menurunya debet air.
(nyongky)

Baca Juga :  Saudi Arabia segera bangun menara kalahkan Burj Khalifa di Dubai

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button