Home / Populer / Kuliah Maksimal 5 Tahun, Mahasiswa UGM Unjuk Rasa

Kuliah Maksimal 5 Tahun, Mahasiswa UGM Unjuk Rasa

Bagikan Halaman ini

Share Button

kuliahAksi Demo Mahasiswa UGM

 

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Munculnya PERMENDIKBUD No 49 th 2014 tentang standar nasional pendidikan tinggi diprotes mahasiswa. Peraturan menteri itu dinilai menjadikan mahasiswa hanya berorientasi pada nilai agar cepat lulus.

Puluhan mahasiswa UGM yang tergabung dalam Dema Justicia menggelar aksi unjuk rasa di Bunderan Kampus UGM mempertanyakan Permendikbud tersebut. Pembatasan masa studi hanya 4-5 tahun dinilai membuat mahasiswa hanya kuliah dan kuliah dan mengesampingkan kegiatan berorganisasi.

Melansir detik.com, koordinator umum aksi, Regen Spindaon mengatakan, berdasar Permendikbud tersebut, mahasiswa yang mulai menempuh masa studi pada tahun ajaran 2014-2015 maka memiliki batas masa studi antara 4 hingga maksimal 5 tahun. Hal ini jauh berbeda dengan peraturan yang diacu sebelumnya dimana mahasiswa dapat menempuh studi di UGM dengan batas masa studi antara 8 semester(empat tahun) hingga maksimal 14 semester (tujuh tahun).

“Kita khawatir mindset mahasiswa nantinya hanya berorientasi nilai karena Permendikbud ini. Mahasiswa hanya berpikiran yang penting cepat selesai,”kata Regen di Bunderan UGM, Selasa(16/9/2014).

Pemberlakuan Permendikbud maka mahasiswa merasa lebih terbebani. Mahasiswa secara tidak langsung dituntut untuk belajar lebih ekstra untuk memenuhi target kelulusan. Ancaman Drop Out(DO) juga akan membayangi mahasiswa jika tidak dapat selesaikan studi tepat waktu.

Dalam aksi ini, para mahasiswa membawa berbagai poster diantaranya bertuliskan, “Lulus di Waktu Tepat Bukan Tepat Waktu,” “Kemendikbud Mau Cetak Sarjana Berkualitas atau Robot,” “Permendikbud 49/14 Apa Bayi Pak? Kok Prematur?????, “Gebet Banget Kami Lulus Cepat Pak, Kehabisan Tenaga Kerja?, dan lain-lain.

(erny)

Baca Juga :  Duh, Ada Percobaan Meng-"hack" Website Teman Ahok!!

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button