Home / Populer / Manipulasi Data Kependudukan Diganjar Hukuman 6 Tahun Penjara

Manipulasi Data Kependudukan Diganjar Hukuman 6 Tahun Penjara

Bagikan Halaman ini

Share Button

dataIlustrasi Penduduk

 

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Setiap orang yang memerintahkan dan atau memfasilitasi dalam memanipulasi data kependudukan akan mendapat hukuman pidana dengan kurungan penjara maksimal selama enam tahun dan denda sebesar Rp 75 juta.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang, David Marts Mangi  soal penjelasan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 soal Administrasi Kependudukan.

Menurutnya, sanksi ini diberikan bagi pejabat dan  petugas registrasi yang membantu kepala desa atau lurah dan instansi pelaksana dalam pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.Untuk dalam setiap petugas registrasi harus perlu berhati hati dalam melakukan hal ini.

“Selain itu setiap pejabat dan petugas pada desa atau kelurahan, kecamatan, UPTD, serta instansi pelaksana yang memerintahkan dan atau memfasilitasi pengutan biaya kepada penduduk dalam kepengurusan dan penerbitan dokumen juga akan dipidana dengan kurungan penjara maksimal enam tahun atau dengan denda sebesar Rp. 75 juta,” katanya.

Dengan sanksi yang sudah diatur dalam perundang undangan ini, tambahnya, kiranya setiap pelaksanaan dalam kepengurusan dan penerbitan dokumen agar harus lebih berhati-hati guna tidak terjadi yang dapat merugikan diri sendiri.

Untuk itu dengan Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang telah disahkan oleh DPR RI pada tanggall 26 November 2013 merupakan perubahan yang mendasar dibidang administrasi kependudukan.

“Tujuan utama dari perubahan UU dimaksud adalah untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, menjamin akurasi data kependudukan dan  ketunggalan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta ketunggalan dokumen kependudukan,” tambahnya lagi.

(nyongky)

Baca Juga :  Pemkab Siak Kungker di Kota Kupang, Ada Apa?

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button