Home / Populer / Masyarakat Manggarai Timur minta jangan izinkan PT.MM

Masyarakat Manggarai Timur minta jangan izinkan PT.MM

Bagikan Halaman ini

Share Button

IMG00736-20140828-1516

MORAL-POLITIK.com- Persoalan tambang selalu saja muncul keributan antara pendukung tambang dan yang menolak tambang. Keributan ini muncul karena hak-hak masyarakat yang tinggal di wilayah tambang dilangkahi. Baik hak ekonomi, Sosial, Budaya dan lingkungan mereka. Itulah penyebabnya jika saat ini ada gerakan perlawanan dari warga Kampung Tureng, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) Propinsi NTT.

Warga Kampung Tureng yang menolak aktifitas eksplorasi yang dilakukan oleh PT.Manggarai Manganese ini beralasan tidak mau hutan, tanah, air dan lingkungan mereka diambil secara sepihak untuk penambangan.

Perwakilan warga Tureng, Bernadus Antus kepada media ini, Selasa (9/9) mengemukan masyarakat Elar khususnya Lenggur Lai, berharap agar Bupati Manggarai Timur tidak memberikan izin eksplorasi lanjutan bagi PT. Manggarai Manganese.

Dia mengatakan, masyarakat sejak awal sudah mengambil sikap tegas menolak aktifitas penambangan baik eksplorasi maupun eksplotasi dan tidak pernah mengizinkan lahan hutan adat untuk digarap menjadi lahan penambangan.

“Sikap ini kami sudah sampaikan berulang-ulang kepada pihak Pemerintah daerah atau pihak dinas terkait lainnya,” kata dia.

Bernadus berharap agar pemerintah saat ini lebih proaktif membela rakyat dilapisan bawah yang lebih membutukan perlindungan atas hak-hak mereka dibidang ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan.

“Lebih baik menggarap di atas tanah daripada mencungkil dan merusak tanah. Kami perlu bibit kakao, cengkeh, kelapa dan vanili,” pungkas dia.

Untuk diketahui PT. Manggarai Manganese melakukan eksplorasi di Hutan Sawisangi seluas 23.000 Ha. Sampai saat ini menunggu izin eksplorasi lanjutan dari Bupati Manggarai Timur.

(Satria)

Baca Juga :  Pengacara BW desak Wakapolri bersikap atas rekomendasi 2 institusi...

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button