Home / Populer / Pemerintahan Jokowi-JK bakal fokus berantas Mafia Migas

Pemerintahan Jokowi-JK bakal fokus berantas Mafia Migas

Bagikan Halaman ini

Share Button

mafiaFoto : Ilustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.com- Mafia minyak dan gas (migas) diyakini menjadi salah satu masalah serius di sektor energi, yang dampaknya merambat ke banyak hal. Oleh karena itu, anggota tim transisi bidang ekonomi Joko Widodo-Jusuf Kalla, Wijayanto Samirin yakin, pemerintahan mendatang akan fokus memberantas mafia migas.

Dia menjelaskan, bagian penting dari pemerintahan Jokowi-JK adalah mendorong transparansi serta akuntabilitas di semua sektor. Sebab, tanpa itu semua APBN menjadi tidak berdampak optimal, dan hanya minimal.

“Salah satunya mafia migas. Itu akan betul-betul jadi fokus yang akan ditindaklanjuti. Bahkan yang akan dilakukan adalah dengan menggandeng KPK. Karena bagi KPK, mafia migas dan sektor energi itu juga menjadi fokus mereka,” kata dia ditemui di sela-sela diskusi bertajuk ‘Subsidi BBM: Solusi atau Masalah?’ di Menteng, Jakarta, Minggu (7/9/2014).

Melansir kompas.com, lantaran kesamaan fokus tersebut, Wijayanto memperkirakan pemerintahan baru akan semakin sering berkolaborasi dengan KPK. Sementara itu, mengenai wacana pembubaran Petral, Wijayanto menuturkan hal tersebut tengah dalam kajian.

“Apakah akan dibubarkan atau tidak itu terlalu dini. Tapi yang jelas, governance harus dijaga,” tegas dia.

Menurut dia, problem yang ada di Petral saat ini adalah masalah transparansi, misalnya berapakah sebenarnya harga pokok bahan bakar minyak oktan 88 alias Premium. Namun, untuk membuka transparansi itu, Wijayanto kembali menegaskan skemanya bisa dilakukan pada Petral sendiri, ataupun di luar Petral.

“Saya tidak boleh sebutkan nama, tapi mungkin diskusi masalah kebijakan saja. Nama-nama itu mungkin sudah sering dilihat, ada yang sedang diproses juga,” ujar dia ditanya siapa para mafia migas.

(erny)

Baca Juga :  Pengacara Samad heran dengan kostruksi hukum yang dibangun Polri

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button