Home / Sport / Penyakit Diare Menyerang Anak-anak di Puskesmas Sita

Penyakit Diare Menyerang Anak-anak di Puskesmas Sita

Bagikan Halaman ini

Share Button
IMG00949-20140919-0947(1)
MORAL-POLITIK.COM- Akibat Mengkonsumsi air Saluran Irigasi, Warga Tiga Desa yakni Desa Sita, Desa Watu Mori dan Bangka Masa mengalami peningkatan penyakit Diare yang dialami oleh  mayoritas anak-anak kecil di ketiga desa tersebut.

Kepala Puskesmas Sita, Jamaludin A Muatalib di ruang kerjanya, Jumat (19/9) menjelaskan dibulan September pasien yang mengalami penyakit diare melonjak. Rata-rata perharinya 5- 7 pasien yang datang untuk mendapatkan obat di Puskesmas Sita.

“Yang banyak  mengalami penyakit ini mayoritas anak-anak kecil,” kata dia.

Muatalib menambahkan penyakit diare ini disebabkan masyarakat tiga desa mengkonsumsi air kotor yang terdapat di selokan irigasi Wae Dingin. Dia berharap agar seluruh masyarakat tidak lagi mengkonsumsi air selokan sisa air sawah tersebut. Untuk saat ini tidak ada yang sangat luar biasa sepeti menyebabkan kematian dari penyakit diare ini.

Dijelaskannya, untuk mengantisipasi Penyakit Diare, Puskesmas melakukan penyuluhan dan kunjungan kepada warga pada setiap Posyandu dibawah pimpinan Dokter Dea  untuk menyosialisasikan pola makan dan hidup sehat. Bagaimana pun, imbuhnya, kebersihan menjadi kunci utama pencegahan diare.

Selain faktor konsumsi air Kotor, menurut Muatalib, penyebaran penyakit diare juga akibat terjadinya peralihan musim dari hujan ke kemarau. Namun secara rinci Muatalib tak menyebutkan data rata-rata jumlah penderita diare per bulannya.

(Satria)

Baca Juga :  Bali: Sedikitnya 1.000 Pesawat Carter Tiap Tahun Datang

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button