Home / Populer / Pernyataan PKS soal penyeimbang Kabinet Jokowi-JK

Pernyataan PKS soal penyeimbang Kabinet Jokowi-JK

Bagikan Halaman ini

Share Button

pks

 

 

 

MORAL-POLITIK.com- Koalisi Merah Putih bersama Partai Demok‎rat menegaskan posisinya sebagai penyeimbang pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid, mengatakan pilihan politik ini bukan sekedar beda, tapi juga untuk kepentingan pemerintahan.

“Solidaritas kami bukan asal beda atau ngerecokin, tapi bagian yang benar secara konstitusi dan yang diinginkan rakyat agar demokrasi bisa bekerja baik karena ada check and balances,” kata Hidayat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Melansir detik.com, Hidayat menerangkan, istilah penyeimbang yang digunakan koalisi Merah Putih, karena memang secara konstitusi tidak ada klausul ‘oposisi’ seperti yang selama ini dipahami masyarakat

“Tidak ada partai pemerintah, penyeimbang intinya berada di luar pemerintah. Itu ditegaskan juga oleh Pak SBY, Bu Nurhayati, Syarief Hasan dan Pak Max Sopacua,” kata dia.

‎Soal peran yang akan diambil ‘penyeimbang’, Hidayat mengatakan secara umum sama seperti yang terjadi pada pemerintahan sebelumnya yang lebih dikenal oposisi, yaitu menjalankan peran ‘check and balances’.

“Dulu kan Jokowi-JK nggak perlu koalisi gemuk, ya sudahlah ya nggak perlu kemudian jadi gemuk. Kami bukan koalisi asal beda, kalau kami mengkritik supaya lebih bagus dan bisa diimplementasikan,” pungkas Hidayat.
(erny)

Baca Juga :  Ingin ASI Lancar? Inilah Makanan Lezatnya

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button