Home / Populer / Pidato DR HC, SBY Sampaikan Kekecewaan Atas UU Pilkada

Pidato DR HC, SBY Sampaikan Kekecewaan Atas UU Pilkada

Bagikan Halaman ini

Share Button

sbi

 

MORAL-POLITIK.COM- Presiden SBY menyinggung terkait UU Pilkada yang mengembalikan Pilkada melalui DPRD saat berpidato saat menerima penghargaan Dr Honoris Causa (Dr HC) dari Universitas Ritsumeikan, Kyoto, Jepang. SBY menyebut sangat kecewa.

Presiden SBY yang mengenakan toga menyampaikan pidato akademiknya sekitar 40 menit. Penganugerahan gelar Dr HC SBY ini digelar di Hall Tanagawa, Kampus Suzaku, Kyoto, Senin (29/9/2014). SBY berbicara mengenai perdamaian dan demokrasi.

Menurut SBY, sejak 2004, demokrasi di Indonesia semakin berkualitas. Untuk pertamakalinya Presiden Indonesia dipilih‎ secara langsung oleh rakyat. SBY menjadi presiden Indonesia pertama dalam Pilpres secara langsung.

Melansir detik.com, tidak hanya pemilu di tingkat nasional, pemilihan kepala daerah (Pilkada) juga dilangsungkan secara langsung. Gubernur, bupati dan walikota dipilih secara langsung oleh rakyat.

Namun, kata SBY, beberapa hari terakhir, ‎Pilkada secara langsung ini diubah DPR kembali melalui DPRD. “Saya kecewa parlemen secara kontroversial mengubah pilkada dipilih melalui DPRD lagi,” katanya.

“‎Saya tidak setuju dengan keputusan ini dan saya akan mempertahankan pilkada langsung dengan perbaikan-perbaikan dan membuat peraturan yang lebih kuat,” tambahnya yang menegaskan akan terus berjuang meski sudah tidak lagi menjadi presiden.

Dalam pidatonya, SBY juga memaparkan mengenai solusi-solusi yang telah dilakukannya terkait persoalan politik, keamanan dan HAM. SBY juga menyampaikan mengenai pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan meningkatnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang.

(erny)

Baca Juga :  Megawati-Jokowi : Pilih Puan Maharani atau Sri Mulyani ?

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button