Home / Populer / Presiden SBY tiba di Lisabon, Portugal

Presiden SBY tiba di Lisabon, Portugal

Bagikan Halaman ini

Share Button

lisabonPresiden SBY tiba di Lisabon, Portugal

MORAL-POLITIK.COM- Setelah terbang sekitar 19 jam, pesawat Garuda Airbus 330-300 yang membawa Presiden SBY dan Ibu Negara beserta rombongan mendarat mulus di Lisabon. Di ibukota Portugal ini, SBY akan melakukan kunjungan bilateral.

Pesawat mendarat di Bandara Militer Figo Maduro sekitar pukul 21.00 waktu setempat, Kamis (18/9/2014). Presiden SBY berapa di Lisabon hingga Sabtu (20/9/2014).

Melansir detik.com, ikut dalam rombongan dalam lawatan kali ini sejumlah menteri, seperti Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Menlu Marty Natalegawa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Mensesneg Sudi Silalahi, dan Seskab Dipo Alam. Ikut juga dalam rombongan Ketua Wantimpres Emil Salim, Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto, dan Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar.

Jumat (19/9/2014) pagi waktu setempat, Presiden SBY akan bertemu Presiden Republik Portugal Anibal Cavaco Silva di Palacio de Belem. Setelah itu, Presiden SBY akan diterima Perdana Menteri Pedro Passoss Coelho di kediaman pribadinya. Presiden SBY juga akan diterima Ketua Parlemen Portugal Maria Assuncao Esteves di gedung parlemen.

Dalam kunjungan ini, Presiden SBY akan menyaksikan penandatanganan MoU antara Indonesia dengan Portugal. Salah satunya adalah MoU di bidang bisnis.

Presiden SBY merupakan presiden Indonesia kedua yang melawat Portugal. Sebelumnya Presiden Sukarno melawat ke salah satu negara Uni Eropa ini pada 1960. Kunjungan Presiden SBY ini merupakan kunjungan balasan setelah Presiden Portugal Anibal Cavaco melawat ke Indonesia pada 2012 lalu.

Hubungan bilateral Indonesia dan Portugal sendiri sempat mengalami pasang surut. Dibuka secara resmi pada tahun 1950, hubungan kedua negara terputus pada 1976. Terputusnya hubungan ini akibat kasus Timor Timur (Timor Leste). Hubungan kedua Negara mencair kembali pada 28 Desember 1999, setelah Timor Leste memilih berpisah dengan Indonesia.

Baca Juga :  Soal Perppu MK, Presiden SBY Dipuji

Pasca pemulihan hubungan diplomatik itu, praktis hubungan bilateral Indonesia dan Portugal lancar kembali. Portugal telah memberikan komitmen untuk mendukung integritas wilayah NKRI dan meningkatkan hubungan bilateral.

Presiden SBY akan meninggalkan Lisabon pada Sabtu (20/9/2014) dan bertolak ke New York, Amerika Serikat. Di New York, Presiden SBY akan menghadiri sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Lawatan kali ini merupakan lawatan terakhir ke luar negeri Presiden SBY.

(erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button