Home / Populer / Puluhan HA Sawah di Matim Terancam Kekeringan

Puluhan HA Sawah di Matim Terancam Kekeringan

Bagikan Halaman ini

Share Button

IMG00880-20140908-1307                                                                                                          Sawah kering

MORAL-POLITIK.COM- Puluhan hektar areal (Ha) persawahan di Wae Reca, Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong,  Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT), terancam kekeringan menyusul masuknya kemarau yang mengakibatkan berkurangnya suplai air di saluran irigasi.

Kepala Dinas Pertanian Donatus Datur kepada moral-politik.com, Minggu lalu (10/9) membenarkan bahwa terjadi kekeringan di  areal sawah milik warga Kampung Golo dan Wae Reca tersebut.

“Itu terjadi karena debit air di saluran irigasi menuju sawah golongan itu tersendat,” katanya,

Dikatakannya, areal sawah di wilayah Wae Reca selalu kekurangan air saat musim kemarau karena debit air di saluran irigasi menuju wae Reca sangat kurang.

“Saya sudah memantau kekeringan tersebut diharapkan petani untuk kedepannya menganti pola tanam, misalnya dengan menanam jagung jangan terlalu fokus ke padi” katanya

“Pada musim kemarau kali ini, areal sawah yang terancam kekeringan mencapai 80 hektare,” katanya.

Sementara itu, Konstantinus Piang, Pemilik sawah di Wae Reca mengaku tahun ini mendapat kerugian cukup besar, hampir semua pemilik sawah mengeluh. Harapan satu-satunya petani disini untuk mendapatkan air hanya menunggu hujan turun dari langit saja”pungkasnya.

(Satria)

Baca Juga :  Partai Demokrat NTT dan KPK gelar Sekolah Antikorupsi

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button