Home / Populer / Saan: Demokrat Dukung Pilkada Langsung, Koalisi Jokowi Seharusnya Ikut Demokrat

Saan: Demokrat Dukung Pilkada Langsung, Koalisi Jokowi Seharusnya Ikut Demokrat

Bagikan Halaman ini

Share Button

PD_Siapkan_Peraturan_Rekrut_CalegSaan Mustopa

 

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Saan Mustopa menyatakan pihaknya tak akan mengubah sikap mendukung pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung dengan 10 syarat. Menurut dia, koalisi pendukung Jokowi-Jusuf Kalla seharusnya bisa menyepakati opsi yang ditawarkan Demokrat sebagai opsi ketiga itu.

“Kalau mereka memang mengapresiasi dukungan Demokrat terhadap pilkada langsung, ya jangan setengah hati. Mereka dong yang seharusnya ikut Demokrat,” katanya di Kompleks Parlemen, Kamis (25/9/2014).

Melansir kompas.com, dengan jumlah anggota sebanyak 148 orang, Saan mengingatkan posisi Partai Demokrat saat ini tak terkunci dengan kubu mana pun. Sementara itu, di sisi lain, Saan melihat kubu Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Fraksi Partai Hanura sangat membutuhkan dukungan.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat itu menuturkan, konsep pilkada langsung dengan 10 syarat adalah mutlak diperlukan untuk menutupi ekses negatif model pilkada itu. Partai Demokrat, kata dia, tidak akan mengubah sikapnya itu.

“Kami tidak mungkin dukung pilkada DPRD karena itu namanya politisi yang tidak kreatif. Kalau pilkada memang menimbulkan ekses negatif, masa kita harus setback ke belakang kembali seperti Orde Baru dengan melakukan pilkada lewat DPRD,” tambahnya.

Pada sore ini, sidang paripurna DPR akan mengambil keputusan terkait RUU Pilkada. Pembahasan RUU Pilkada ini masih buntu lantaran masih terdapat sejumlah isu yang tak disepakati sembilan fraksi. Salah satunya adalah soal model pilkada langsung atau pilkada melalui DPRD. Apabila dalam sidang paripurna ini tak juga menemukan kata sepakat, DPR akan melakukan mekanisme voting.

Komposisi dukungan pilkada langsung saat ini hanya terdiri dari empat fraksi, yakni Fraksi PDI-P, Fraksi PKB, Fraksi Hanura, dan Fraksi Partai Demokrat. Sementara itu, pendukung pilkada melalui DPRD ialah Fraksi Partai Golkar, Fraksi PAN, Fraksi PKS, Fraksi PPP, dan Fraksi Gerindra.

Baca Juga :  Jokowi pastikan JLNT Casablanca dibuka 30/12/13

(erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button