Home / Traditional Dress / Wanita-wanita Somalia diperkosa Pasukan Uni Afrika yang Didanai PBB

Wanita-wanita Somalia diperkosa Pasukan Uni Afrika yang Didanai PBB

Bagikan Halaman ini

Share Button

kamp-mogadishuIlustrasi

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Bejat! Pasukan Uni Afrika yang didanai internasional telah memperkosa wanita-wanita di Somalia yang dilanda konflik berkepanjangan. Usai melakukan pemerkosaan itu, para tentara tersebut memberikan bantuan pangan atau uang.

“Beberapa wanita yang diperkosa mengatakan bahwa tentara-tentara itu memberikan mereka makanan atau uang setelahnya, sebagai upaya untuk mengesankan penyerangan itu sebagai transaksi seks,” demikian laporan organisasi HAM internasional, Human Rights Watch (HRW) seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (8/9/2014).

Melansir detik.com, sejauh ini belum ada tanggapan dari pasukan Uni Afrika, AMISOM atas laporan HRW ini. AMISOM merupakan pasukan Afrika berkekuatan 22 ribu personel tentara dari enam negara, yang telah bertempur bersama pasukan pemerintah Somalia untuk melawan para militan Al-Shabaab sejak tahun 2007 silam. Negara-negara pendonor AMISOM termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Uni Eropa, Inggris dan Amerika Serikat.

Menurut HRW, wanita-wanita yang menjadi korban pemerkosaan tersebut sebagian besar berasal dari kamp-kamp di ibukota Mogadishu, yang meninggalkan daerah pedesaan Somalia selama musim kelaparan tahun 2011.

“Para tentara yang bergantung pada warga Somalia sebagai perantara, telah menggunakan berbagai taktik, termasuk bantuan kemanusiaan, untuk memaksa wanita-wanita dan gadis-gadis lemah melakukan aktivitas sosial,” katanya dalam laporan HRW.

Laporan itu didasarkan atas kesaksian 21 wanita dan gadis.

“Mereka juga telah memperkosa atau melakukan penyerangan seks lainnya terhadap kaum wanita yang mencari bantuan medis ataupun air di markas-markas AMISOM,” katanya dalam laporan.

Beberapa korban mengungkapkan bahwa mereka terpaksa mendatangi kamp AMISOM untuk meminta bantuan obat-obatan bagi bayi-bayi mereka yang sakit.

“Temuan ini menimbulkan keprihatinan serius akan pelanggaran tentara-tentara AMISOM terhadap kaum wanita dan gadis Somalia yang menunjukkan sebuah masalah yang jauh lebih besar,” tambahnya.

Baca Juga :  Teganya Si Putri Pemimpin Hongkong Tampar Ibunya di Depan Umum?

(erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button