Home / Gaya Hidup / Cara Menteri Susi menilai Manusia Perahu…

Cara Menteri Susi menilai Manusia Perahu…

Bagikan Halaman ini

Share Button

perahu

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan “manusia perahu” di Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, tak bisa disebut sebagai nelayan kecil.

“Nelayan Indonesia yang di pulau-pulau itu rata-rata 5 GT. Itu kapal-kapal ‘manusia perahu’ ukurannya 10GT-15GT. Jadi, tidak bisa dibilang nelayan kecil,” kata Susi, Jumat (21/11/2014).

Melansir kompas.com, namun, Susi tak menampik kategori nelayan kecil atau bukan untuk kasus “manusia perahu” ini memang relatif. “Anda bandingkan dengan apa? Kalau dibanding dengan kapal Thailand, ya mereka termasuk kapal kecil.”

Terlebih lagi, lanjut Susi, pengepul dari tangkapan para “manusia perahu” adalah kapal-kapal besar. “Modus operandi kapal-kapal kecil seperti ini, ada kapal besarnya di perbatasan yang menunggu hasil tangkapan mereka,”  kata dia.

Kerugian dari modus tersebut, kata Susi, jelas tidak terdata. Dia mengatakan ada kapal-kapal pengepul berukuran 300 GT dengan bendera Hongkong yang berkeliling mengumpulkan kekayaan laut dari pulau-pulau kecil di Indonesia. “Derawan adalah salah satunya,” sebut dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman, Indroyono Soesilo, mewanti-wanti pemerintah dan semua pihak untuk menyikapi keberadaan 400 “manusia perahu” yang ada di Tanjung Batu, Derawan, Kalimantan Timur.

(erny)

Baca Juga :  Selesaikan wajah berminyak dengan 5 jurus ampuh

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button