Home / Populer / Hebat! Resep Kuliner Indonesia Diajarkan di Universitas Amerika

Hebat! Resep Kuliner Indonesia Diajarkan di Universitas Amerika

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM- Ketertarikan masyarakat luar terhadap masakan Indonesia terus meningkat dari hari ke hari. Hal ini antara lain terlihat dari diajarkannya resep kuliner Indonesia di salah satu kampus di Amerika Serikat. Adalah chef Putri Rizky Mumpuni yang mengajarkan kuliner Indonesia kepada para mahasiswa Stratford University.

“Selama lima minggu saya mengajarkan kuliner Indonesia kepada para mahasiswa di Stratford University. Bagi saya ini adalah pengalaman yang luar biasa, kesempatan yang sangat baik untuk memperkenalkan masakan Indonesia ke luar negeri,” kata chef Putri dalam perbincangan dengan detikcom di Washington DC, AS, baru-baru ini.

Melansir detik.com, selama lima minggu itu, Putri mengajarkan berbagai resep masakan tradisional Indonesia kepada belasan muridnya yang merupakan orang Amerika. Mahasiswa-mahasiswa itu pun sangat antusias mempelajari 30 resep masakan yang masuk ke dalam daftar Ikon Kulinter Tradisional Indonesia (IKTI), seperti rendang Padang, nasi liwet solo, sate lilit Bali, dan sebagainya.

“Mereka sangat tertarik dengan bumbu-bumbu yang saya bawa dari Indonesia yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Setiap hari saya memberikan menu yang berbeda-beda,” ujar chef muda kelahiran Temanggung, 7 Agustus 1991, itu.

Setelah perkuliahan berjalan sekitar 1 bulan, minggu lalu Putri dan para mahasiswa asingnya mempertontonkan kebolehan mereka memasak masakan Indonesia dalam sebuah jamuan kecil yang dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Washington DC beserta para tamu lainnya. Pada kesempatan itu, mereka menyuguhi para tamu dengan kelezatan cita rasa nusantara: gulai ayam, asinan jakarta, binte buluhuta gorontalo, dan nasi tumpeng nusantara.

Seni kuliner tidak melulu soal bagaimana membuat masakan yan lezat, melainkan juga memahami aspek budaya di baliknya. Oleh karena itu, bukan hanya resepnya yang Putri ajarkan, melainkan juga sejarah dan filosofi di balik setiap masakan.

Baca Juga :  Kumpulkan Menteri KIB II, SBY bahas isu bersih-bersih orangnya?

“Misalnya, kenapa masakan Sumatera banyak memakai rempah-rempah. Karena dulu Sumatera adalah pusat perdagangan dengan salah satu komoditinya adalah rempah-rempah,” papar gadis yang pernah masuk 10 besar Top Chef Indonesia ini.

Ketertarikan Putri terhadap kuliner dimulai sejak kecil dan dia warisi dari ibunya yang juga chef. Itulah kenapa dia bersekolah di SMK 4 Jogjakarta jurusan Hotel-Restoran. “Dari kecil saya memang suka memasak. Umur 8 tahun saya sudah belajar masak,” tutur Putri yang pernah meraih medali emas dan perak dalam kompetisi masak se-Asia ini.

Passion memasak itu telah mengantarkan Putri berkeliling dunia. Selain Amerika, Putri juga pernah mengajarkan kuliner Indonesia di Cekoslovakia dan Prancis. Bagi Putri, memperkenalkan masakan Indonesia ke dunia internasional merupakan misi membanggakan dan dapat mendatangkan manfaat bagi banyak orang.

“Saya bangga bisa membawa nama Indonesia dan memperkenalkan masakan Indonesia di sini. Masakan adalah jati diri sebuah bangsa. Orang akan tahu dan tertarik dengan Indonesia dari makanannya, dan dari situ mereka jadi ingin berkunjung ke sana. Dengan memperkenalkan masakan Indonesia berarti mendorong pariwisata di Indonesia,” pungkasnya.
(erny)

 

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button