Home / Populer / JS segera benahi Pendidikan di Kelurahan Pinggiran

JS segera benahi Pendidikan di Kelurahan Pinggiran

Bagikan Halaman ini

Share Button

jsi

 
MORAL-POLITIK.COM- Pemerintah Kota Kupang berjanji  membenah kualitas pendidikan di sejumlah sekolah yang ada di pinggir Kota Kupang, seperti di Kelurahan Kolhua dan Alak, agar tak lagi dinilai sebagai sekolah pinggiran yang tak berkualitas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menempatkan kepala sekolah yang dianggap berhasil membenahi kualitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya sebelumnya.

Demikian dikatakan Wali Kota Kupang, Jonas Salean (JS) saat ditemui di rung rapat Garuda, Balai Kota Kupang, Jumat (21/11). JS mengatakan, selama ini banyak pihak menilai sekolah-sekolah yang ada daerah pinggiran Kota Kupang kurang mendapatkan perhatian, dan kualitasnya diragukan. Karena itu, Pemkot terus melakukan pembenahan agar tak ada lagi stigma buruk terhadap sekolah-sekolah tersebut. Dua wilayah yang ditempati Suku Helong itu diupayakan agar ke depan dapat ditingkatkan sumber daya manusianya.

Dikatakan, dalam mutasi yang dilakukan terhadap para kepala sekolah dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK ada yang promosi dan ada pula yang penyegaran. Ada kepala sekolah yang harus dipindahkan dan dijadikan pengawas sekolah karena adanya pengaduan terkait pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Sedangkan ada 90 persen kepala SD yang memasuki usia pensiun sehingga perlu diganti.

Sedangkan, ada sejumlah kepala sekolah yang dianggap sukses pada sekolah sebelumnya, dipindahkan ke sekolah yang kualitasnya kurang, agar mereka dapat membantu melakukan pembenahan dan mengembangkan agar menjadi lebih baik. Sedangkan untuk sekolah swasta, penempatan kepala sekolah atas usula dari yayasan yang membawahi sekolah terebut.

“Diharapkan mereka punya pengalaman dan membantu pengembangan di sekolah tersebut,” kata JS.

Sementara dalam sambutannya di hadapan para kepala sekolah yang dilantik, JS menegaskan, sebagai penanggung jawab keberhasilan pendidikn di daerah, pemerintah sangat menyadari peranan para pendidik terutama kepala sekolah dan pengawas menjadi sangat penting, karena berada di jajaran terdepan sebagai penanggung jawab berbagai rancangan kebijakan dan program pendidikan. Karena itu, pembenahan manajemen sekolah mutlak dan perlu diupayakan sebagai proses dinamis menuju keadaan yang ideal. Kepala sekolah dan pengawas memiliki peran yang sangat signifikan dalam menyelaraskan pergerakan setiap sub sistem sekolah, guna mewujudkan kesatuan kinerja dalam sistem pendidikan, yang mampu mendorong perubahan dan peningkatan kualitas.

Baca Juga :  Mengapa Jokowi Harus Ingat Sumpah dan Janjinya?

(nyongky)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button