Home / Populer / Pengangkatan Prasetyo jadi Jaksa Agung, ini sikap JK

Pengangkatan Prasetyo jadi Jaksa Agung, ini sikap JK

Bagikan Halaman ini

Share Button

pra

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tidak mempersoalkan keputusan Presiden Joko Widodo yang mengangkat HM Prasetyo sebagai Jaksa Agung. JK yakin Prasetyo akan mampu mengemban tugasnya sebagai Jaksa Agung dengan baik jika dilihat dari pengalamannya selama ini.

“Apa saya ada hak untuk setuju atau tidak setuju (Prasetyo jadi Jaksa Agung)? Kalau orang berpengalaman pasti mampu dong. Kita bicara kemampuan,” kata JK di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Melansir kompas.com, menurut JK, banyaknya protes terhadap Prasetyo adalah bentuk demokrasi. Jaksa Agung, kata dia, dipilih bukan atas pertimbangan partai, melainkan kapasitas yang dimiliki orang tersebut.

“Menteri juga dari partai, selama mampu, ya kenapa tidak,” imbuh politisi senior Partai Golkar itu.

Prasetyo resmi dilantik sebagai Jaksa Agung pada Kamis (20/11/2014) sore. Pelantikan itu dilakukan secara mendadak. Prasetyo baru mengetahui dirinya terpilih sebagai Jaksa Agung pada pagi harinya.

Pada pukul 11.00 WIB, Prasetyo yang pernah menjadi Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Umum itu mengundurkan diri dari Partai Nasdem, termasuk keanggotaannya di DPR periode 2014-2019. Pada pukul 15.30 WIB, pelantikan baru dilakukan.

Pada hari pelantikan itu, JK mengaku baru mengetahui penunjukan Prasetyo pada siang hari.

“Itu prerogatif Presiden,” pungkasnya.

Protokol baru memberi tahu agenda pelantikan Prasetyo sekitar pukul 11.00 WIB. Agenda pukul 14.00 WIB, yang dijadwalkan menerima Dubes Palestina, akhirnya dimajukan menjadi pukul 13.00 WIB.

Sebelum pukul 14.00 WIB, Wapres sudah tiba di Istana Negara. Sejam menunggu, pelantikan belum dimulai. Jokowi, Andi, dan Mensesneg Pratikno ternyata masih di Istana Merdeka.

“Mereka masih baca surat Nasdem soal Prasetyo,” kata JK yang ketika itu kembali ke kantornya.

Baca Juga :  Apa kata Pakar soal Praperadilan Budi Gunawan?

Namun, baru tiga menit di Kantor Wapres, protokol ditelepon karena pelantikan segera dimulai.

(erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button