Home / Gaya Hidup / Rektor UGM terpilih ini, sahabatnya Menteri Susi

Rektor UGM terpilih ini, sahabatnya Menteri Susi

Bagikan Halaman ini

Share Button

ugm

 

MORAL-POLITIK.COM- Majelis Wali Amanat (MWA) akhirnya memutuskan Prof Ir Dwikorita Karnawati, MSc, PhD, menjadi rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), menggantikan Pratikno yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara.

Pemilihan Dwikorita yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni ini sekaligus mengukir sejarah sebagai rektor perempuan pertama UGM.

“MWA sudah musyawarah dan siang ini telah mencapai kesepakatan. Ibu Dwikorita dipilih menjadi Rektor UGM menggantikan Bapak Pratikno,” ujar Ketua MWA UGM Prof Dr Sofian Effendi, Sabtu (22/11/2014) siang.

Melansir kompas.com, Sofian menuturkan, ada lima wakil rektor yang diajukan sebagai calon rektor UGM. Dari total lima calon, dua orang tidak memenuhi kriteria. “Tiga calon pada Jumat kemarin kami interview. Saat itu, Pak Didik mengatakan masih ingin konsentrasi membenahi sistem administrasi keuangan UGM, sementara Pak Iwan belum siap dan ingin membenahi administrasi akademik,” ujarnya.

Dua wakil rektor tersebut, selain menyatakan masih ingin berkonsentrasi menangani tugasnya, juga mengusulkan kepada MWA agar Dwikorita Karnawati menjadi rektor. Setelah melihat rekam jejak dan prestasinya, akhirnya MWA yang beranggotakan 23 orang memutuskan Dwikorita menjadi Rektor UGM, menggantikan Pratikno sampai 2017 mendatang.

“Ini menjadi catatan sejarah. Sebab, setelah 65 tahun berdiri, Ibu Dwikorita menjadi rektor perempuan pertama UGM,” ujarnya.

Menurut Sofian, sidang MWA berlangsung cepat. Setiap anggota mengutarakan pandangannya serta pendapatnya, lalu memutuskan. Tidak ada perdebatan yang cukup panjang.

“Yang membanggakan, semua calon legawa dan menyatakan diri siap mendukung kerja dari rektor baru,” kata Sofian.

Pelantikan Prof Ir Dwikorita Karnawati, MSc, PhD, sebagai rektor baru UGM akan digelar pada Senin (22/11/2014). “Senin dilantik, Pak Pratikno sudah kita hubungi dan memastikan datang ke pelantikan rektor,” pungkasnya.

Baca Juga :  Wanita tak harus berhijab, asal hatinya tetap berhijab

Dwikorita Karnawati merupakan sahabat karib Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Bahkan, saat di SMA, keduanya duduk satu bangku.

(erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button