Home / Populer / SP angkat bicara soal penunjukan kadernya jadi Jaksa Agung

SP angkat bicara soal penunjukan kadernya jadi Jaksa Agung

Bagikan Halaman ini

Share Button

sp

 

MORAL-POLITIK.COM- Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh angkat bicara soal penunjukkan HM Prasetyo oleh Presiden Joko Widodo sebagai Jaksa Agung baru. Menurut dia, jika memang ada kader parpol yang dianggap layak untuk menduduki suatu jabatan penting, maka sebaiknya kader itu diberi kesempatan.

“Apakah salah seorang alumni parpol menduduki jabatan strategis? Selama memiliki dignity (martabat), integritas, seharusnya kita dorong untuk masuk ke dalam posisi strategis,” kata Surya saat berbincang dengan sejumlah wartawan di kantornya di Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Melansir kompas.com, Surya menegaskan bahwa Prasetyo sudah diberhentikan sebagai kader Nasdem. Surya mengaku bahwa pemberhentian Prasetyo dilakukan beberapa jam sebelum pelantikan pada Kamis (20/11/2014). Setelah keluar dari keanggotaan Nasdem, Prasetyo otomatis juga keluar dari keanggotaan DPR periode 2014-2019.

Surya baru mengetahui Prasetyo ditunjuk sebagai pengganti Basrief Arief pada Rabu (19/11/2014) malam.

“Nanti yang akan menggantikan Prasetyo (di DPR) sesuai dengan aturan adalah nomor urut selanjutnya,” kata Surya.

Ia berharap agar masyarakat tak lagi terjebak pada dikotomi parpol dan non-parpol dalam menilai apakah seorang pejabat negara layak menduduki posisi tersebut. Menurut dia, jika memang ada anak negeri yang layak untuk menempati posisi strategis yang kosong, sudah sepantasnya untuk didukung.

Seperti diberitakan, setelah satu bulan tertunda, Presiden Joko Widodo akhirnya memilih Prasetyo sebagai Jaksa Agung. Kendati Prasetyo pernah lama berkarier di kejaksaan, terakhir menjabat Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum tahun 2005-2006, banyak kalangan meragukan kemampuannya melakukan perbaikan berarti di internal kejaksaan dan independensinya dalam penegakan hukum.

(erny)

Baca Juga :  Bedanya Panjang Jalan Tol di China dengan Indonesia

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button