Home / Populer / “Teori Ahok” untuk gampangnya bangun Kota Jakarta

“Teori Ahok” untuk gampangnya bangun Kota Jakarta

Bagikan Halaman ini

Share Button

singapura

 

MORAL-POLITIK.COM- Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama menjadikan Singapura sebagai salah satu acuan pembenahan di Jakarta. Menurut Ahok, beberapa tahun silam, Singapura memiliki masalah yang sama dengan Jakarta, tetapi akhirnya pemerintah dan masyarakat di “Negeri Singa” itu dapat mengatasinya.

“Bagaimanapun juga kalau kita mau bangun kota, saya katakan paling gampang itu nyontek Singapura. Dia sudah punya pengalaman,” kata dia seusai mengadakan pertemuan dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Teo Ser Luck, di Balaikota Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Melansir kompas.com, Ahok berujar, salah satu permasalahan yang telah berhasil diatasi Singapura adalah pengolahan air limbah dan pengelolaan air bersih. Selain itu, kata dia, Pemerintah Singapura juga berhasil membuat warganya rela menyerahkan sebagian lahannya untuk pembangunan sarana transportasi massal, yakni dengan cara menaikkan koefisien lantai bangunan (KLB) bagi warga yang terkena dampak pembangunan.

“Kita juga akan naikkan KLB kita seperti di Singapura. Jadi, rumah warga yang dilewati kereta boleh tinggi. Gedung Anda boleh tinggi kalau dilewati mass rapid transit. Kita ingin nyontek banyak dari Singapura,” ujar dia.

Mengenai pertemuannya dengan Teo, Ahok memaparkan bahwa mereka lebih banyak membahas mengenai rencana kerja sama yang akan dilakukan oleh Pemerintah Singapura dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, baik dalam bidang industri, transportasi, maupun pembangunan lainnya. Menurut dia, kunjungan Teo pada hari ini akan segera ia tindak lanjuti ke jajaran petinggi BUMD-BUMD milik Pemprov DKI maupun ke Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta.

“Kita bisa bangun kawasan industri bersama, reklamasi bersama, kereta barang, pengolahan air limbah, banyaklah pokoknya. Jakarta sudah punya masterplan, transportasi massal dengan RTH yang cukup. Jadi, Jakarta mesti dibuat enak orangnya,” pungkas pria asal Belitung Timur itu.

Baca Juga :  Gunting atau bakar surat suara yang bermasalah

(erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button