Home / Populer / Din Syamsudin: Tak Masalah Ucapkan Selamat Natal…!

Din Syamsudin: Tak Masalah Ucapkan Selamat Natal…!

Bagikan Halaman ini

Share Button

tak                                                                                                       Din Syamsudin (sumber: Antara)

MORAL-POLITIK.COM– Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsudin, mengatakan, ucapan selamat kepada umat Kristiani yang merayakan Natal tidak secara spesifik dinyatakan dalam fatwa MUI

“Selamat Natal tidak secara spesifik dinyatakan dalam fatwa itu. Kecuali ada nomor tiga berbunyi, agar umat Islam menjaga diri tidak terlibat dalam kegiatan yang berhubungan dengan perayaan Natal yang sifatnya peribadatan. Sehingga tidak secara spesifik menyatakan keharaman. Nah, hal ini yang menimbulkan perdebatan di kalangan ulama,” katanya kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (23/12).

Melansir beritasatu.com, menurut Din, kalau sekadar konteks kultural budaya sebagai refleksi persahabatan, memberikan ucapan selamat kepada sahabat yang beragama Kristiani, hal tersebut tidak pengaruhi akidah dan hanya sesuai keperluan.

“Kalau perlu karena ada sahabat baik ya enggak apa-apa. Islam tidak sepicik itu. Kita kan tidak masuk ke wilayah akidah. Itu dalam fatwa ini tidak secara tegas dilarang. Perayaan Natal yang memfatwakan,” kata dia.

Semenjak MUI era Buya Hamka, majelis ulama itu mengeluarkan fatwa pelarangan menghadiri perayaan Natal. Sebab pada era itu (80an), umat Kristiani memiliki kebiasaan mengundang umat muslim bahkan untuk menjadi panitia. Pelarangan itu, disebabkan perayaan Natal diyakini memiliki dimensi peribadatan.

“Karena masalah akidah (keyakinan) tidak bisa dicampuradukkan,” pungkasnya.

(erny)

Baca Juga :  Dubes Jepang: Jika LGBT adalah Hak, Maka Akan Ada Hak untuk Nyopet, Maling, Perkosa

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button