Home / Populer / Ini Langkah TNI untuk temukan AirAsia QZ8501

Ini Langkah TNI untuk temukan AirAsia QZ8501

Bagikan Halaman ini

Share Button
tambahKapal KN 224 milik Badan SAR Nasional, yang digunakan dalam pencarian Pesawat Air Asia QZ 8501 yang diduga berada di perairan Belitung Timur, Senin (29/12/2014).

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Pencarian pesawat AirAsia QZ8501 telah memasuki hari ketiga. Dalam pencarian, Selasa (30/12/2014) ini, TNI menambah kekuatannya untuk membantu Badan Sar Nasional (Basarnas) mencari pesawat yang mengangkut 155 orang penumpang itu.

Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen M Fuad Basya mengatakan, setidaknya 16 unit pesawat dan 13 kapal dikerahkan TNI dalam upaya pencarian ini. Ke-16 pesawat itu di antaranya Helly MI 35, Helly Bell 412 milik TNI AD, pesawat Cassa, Helly Bolco dan CN 235 milik TNI AL, serta Boeing 737, Hercules C-130 dan Helly Super Puma milik TNI AU.

“13 kapal yang dikerahkan di antaranya KRI Yos Sudarso, KRI Hasanudin, KRI Pattimura, KRI Bung Tomo, KRI Sutedi Senaputra, KRI Banda Aceh, KRI Pulau Rengat, dan KRI Pulau Romang,” kata Basya dalam keterangan yang diterima wartawan, Selasa.

Melansir kompas.com, dia menambahkan, dalam upaya pencarian ini, TNI juga menerjunkan tiga tim Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL, satu tim paska dan tim penyelam serta enam sea raider. Pasukan khusus TNI AL itu bekerjasama dengan 714 personel TNI AD yang berasal dari Kodam I/Bukit Barisan, Kodam XII/Tanjungpura dan Kodam II/Sriwijaya.

“Selain itu, dalam upaya pencarian pesawat AirAsia, juga melibatkan negara-negara sahabat di antaranya dari Malaysia sebuah C-130 Hercules dan tiga kapal, Singapura tiga C-130 Hercules dan tiga kapal, Australia dua P3C Orion serta Korea Selatan sebuah P3 Orion,” pungkas dia.

(erny)

Baca Juga :  Terkait Suap BPK NTT, DPRD Alor Diperiksa

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button