Home / Populer / Mengapa Formi NTT baru terbentuk di dua Kabupaten?

Mengapa Formi NTT baru terbentuk di dua Kabupaten?

Bagikan Halaman ini

Share Button
formiAcara Sosialisasi Formi di Hotel Brenton, Senin (29/12/14).

 

MORAL-POLITIK.COM- Dari 22 Kabupaten/Kota di NTT, Federasi Olah Raga Masyarakat Indonesia (Formi) baru terbentuk di dua kabupaten. Terbentuknya pengurus daerah (pengda) di kedua kabupaten itu, karena Kabupaten Kupang dan Timor Tengah Selatan (TTS) telah rampung menysusn badan pengurus dan SK penetapan pengurus telah dikeluarkan pengurus Formi NTT.

Demikian dikatakan, Ketua Harian Formi NTT, Sem Hauteas didampingi Sekretaris Formi NTT, Rikardus Wawo, disela-sela acara Sosialisasi Pembentukan Pengurus Kabupaten/Kota Formi yang berlangsung di Hotel Brenton, Senin (29/12/14).

Ia mengatakan, sesuai UU No 3 Tahun 2005 tentang Sistim Keolahragaan Nasional, sudah saatnya dilakukan soasialisasi untuk membentuk Formi di 22 kabupaten/kota di NTT. Apalagi saat ini, Formi telah masuk dalam keanggotaan dalam Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI).

Menurutnya, sejak terbentuknya Formi NTT pada tahun 2003, pengurus daerah di tingkat kabupaten/kota belum terbentuk. Sosialisasi dilakukan selama dua hari sejak, minggu (28/12) kemarin  untuk membentuk pengurus Formi. “Tahun 2015 target semua terbentuk. Namun ada kendala karena yang membidangi olah raga hanya PPO. Belum terbentuknya pengurus Formi di sebagaian besar kabupaten/kota  karena belum ada usulan dari bawah. Sedangkan kota kupang sudah juga terbentuk namun mereka belum kantongi SK,” kata Hauteas.

Sementara itu, Sekretaris Formi NTT, Rikardus Wawo pada kesempatan yang sama mengatakan, Formi yang merupakan organisasi yang memayungi olahraga permainan rakyat, sudah harus terbentuk kabupaten/Kota. Pembentukan Formi di seluruh kabupaten/kota untuk menyelamatkan olah raga tradisional yang terancam punah karena perkembangan jaman.

(nyongky)

Baca Juga :  Anton Natun raih suara terbanyak di Dapil IV Kabupaten Kupang

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button