Home / Populer / Pemerintah bakal umumkan Perubahan Harga BBM setiap awal bulan

Pemerintah bakal umumkan Perubahan Harga BBM setiap awal bulan

Bagikan Halaman ini

Share Button
perubahanMenteri ESDM Sudirman Said (kedua kanan) didampingi anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Sony Keraf (kiri) dan Sekjen DEN Hadi Purnomo (kanan) memberikan keterangan usai menggelar pertemuan dengan anggota DEN di kantor Kementerian ESDM Jakarta, Kamis (18/12/2014).

 

MORAL-POLITIK.COM- Pemerintah hari ini resmi mengumumkan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) berjenis premium dan solar akibat fluktuasi harga minyak dunia dan kurs yang turun beberapa waktu ini. Atas dasar hal tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan bakal mengeluarkan pengumuman harga dasar BBM setiap awal bulan.

“Harga premium Rp 7.600 per liter berdasarkan harga harga minyak dunia yang menyentuh US$ 60 per barel dan kurs Rp 12.300 per US$,” kata Sudirman di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Rabu (31/12).

Melansir cnnindonesia.com, oleh karena itu, lanjut Sudirman, bisa saja harga BBM berubah-ubah setiap waktu tergantung harga  pasar atau harga keekonomian dan bisa saja pemerintah akan mengumumkan harga dasar BBM setiap awal bulan. Adapun harga dasar merupakan salah satu dari beberapa komponen untuk menentukan harga jual BBM ke konsumen.

“Kementerian ESDM akan mengeluarkan pengumuman harga dasar setiap awal bulan,” kata Sudirman.

Untuk diketahui formula harga dasar ditetapkan atas dasar biaya perolehan plus biaya distribusi plus biaya penyimpanan ditambah marjin yang diberikan pemerintah untuk pengelola SPBU. “Harga dasar dihitung pada harga pasar minyak dunia dan kurs dollar dua bulan sebelumnya,” ujar Sudirman.

Sudirman menjelaskan, dengan menyerahkan harga dasar BBM ke pasar bukan berarti pemerintah lepas tangan untuk mengatur harga BBM. Pemerintah berdalih hanya memberikan kelonggaran kepada pelaku pasar untuk berkompetisi

“Harga BBM umum akan mengikuti harga keekonomian pasar dan diserahkan pada Badan Usaha menggunakan pedoman pemerintah. Ada batas atas dan ada batas bawah, Pemerintah tidak lepas tangan tapi hanya mengatur, agar kompetisi yang terjadi sehat, karena selama ini Pertamina yang menjadi pemain tunggal,” katanya.

Baca Juga :  Pengamat Politik menilai Komposisi Kabinet Jokowi-JK...

(erny)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button