Home / Populer / Apa saja janji PDAM Kota Kupang untuk Tahun 2015?

Apa saja janji PDAM Kota Kupang untuk Tahun 2015?

Bagikan Halaman ini

Share Button
pdamKator PDAM Kota Kupang.

 

MORAL-POLITIK.COM– Perusahaan Daerah Air Minum  (PDAM) Kota Kupang, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) siap memberikan pelayanan di tahun 2015 kepada masyarakat Kota Kupang secara optimal. Pasalnya, PDAM sebagai penyelenggara Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Kupang selalu berupaya memberikan yang optimal bagi masyarakat pelanggannya, dengan terus berupaya meningkatkan kapasitas layanan dari tahun ketahun.

Direktur PDAM Kota Kupang, Noldy DP Mumu, kepada moral-politik.com di kantornya mengatakan, tahun 2014 yang lalu, terdapat peningkatan kapasitas yang dapat diukur dari beberapa parameter sebagai berikut:  Pertama, panjang jaringan transmisi dan distribusi yang terus bertambah, menunjukkan bahwa coverage area yang makin meluas. Peningkatan panjang jaringan transmisi dan distribusi PDAM Kota Kupang pada akhir tahun 2014 yaitu 148 atau bertambah dari tahun sebelumnya sepanjang 53 km.

Kedua, katanya, debit produksi yang terus bertambah dengan memaksimalkan pemanfaatan sumber air baku bendungan Tilong yang dikelola oleh BLUD Spam Provinsi NTT dan juga melakukan ekplorasi sumber air baku baru. “Dengan upaya-upaya ini maka terjadi peningkatan debit produksi di akhir tahun 2014 ini. Debit produksi PDAM Kota Kupang sebesar 167 liter/detik, yang mana terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 45 liter/detik,” katanya lagi.

Ketiga, lanjutnya, Satuan Sambungan (SR) juga terus meningkat, sampai bulan desember 2014 total jumlah sambungan sebanyak 6.500 Sambungan Pelanggan. Terjadi penambahan 1.429 sambungan baru. Penambahan sambungan baru tersebut terdiri dari 800 sambungan berkenaan dengan Program Water Hibah  dan penambahan sambungan reguler sebanyak 529 sambungan.

Keempat, katanya, manajemen melakukan kerja sama dengan beberapa mitra untuk pembayaran rekening air sehingga kini selain pada loket PDAM, pelanggan juga dapat melakukan transaksi dengan lebih mudah melalui kantor Posindo, Bank Bukopin, Bank BRI, yang masing-masing dengan semua jaringannya dan Payment Pointnya di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Pukul staf ahli NasDem DPR, Masinton dilaporkan ke Bareskrim

Menurutnya, dengan upaya-upaya peningkatan kapasitas tersebut diharapkan berdampak pada peningkatan penerimaan akhir tahun yang diproyeksikan bertambah sekitar 200 jutaan.

Dia menjelaskan, beberapa program penting tahun 2015, yakni program Water Hibah yang akan dilanjutkan di tahun 2015 yaitu Verifikasi akhir dari pihak Kementrian Pekerjaan Umum dalam rangka penggantian investasi oleh pemerintah Kota Kupang.

Selain itu, katanya, program Air Pintar yang telah dirintis pada tahun 2014, pada tahun 2015 memasuki proses intalasi sistem pada sub zona terpilih.

Dia menambahkan, peningkatan kompetensi terhadap organ dan kepegawaian PDAM Kota Kupang sehingga dapat menunjang performa lembaga dalam hal ini PDAM Kota Kupang.

Selain itu, katanya, PDAM kota juga melakukan penambahan jaringan sekunder-tersier dalam rangka perluasan cakupan layanan PDAM Kota Kupang, dan optimalisasi sistem eksisting sehingga pelayananpun dapat optimal kepada masyarakat.

Pihaknya, lanjut Noldy, terus membangun kemitraan dan kerjasama dengan pihak ketiga yang mampu mendongkrak performa pelayanan PDAM Kota Kupang kepada masyarakat.

“Untuk mengatasi permasalahan kekurangan air bersih di Kota Kupang, manajemen PDAM tetap merekomendasi pembangunan sumber air baku baru yang berbasis air permukaan. Untuk wilayah Kota Kupang, lokasi cekungan Kolhua merupakan alternatif satu-satunya,” pungkas dia.

(nyongky)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button