Home / Populer / DPRD Kota Kupang: Pemkot Segera Sesuaikan Tarif Angkot

DPRD Kota Kupang: Pemkot Segera Sesuaikan Tarif Angkot

Bagikan Halaman ini

Share Button
dprdAnggota DPRD Kota Kupang.

 

MORAL-POLITIK.com– Pasca menurunnya harga BBM sejak kemarin, Senin (19/01/2015) Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang diminta segera menyesuaikan tarif angkutan kota (angkot) menyusul penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) ke harga Rp 6.500 per liter. Pemkot jangan menunggu riak protes dari warga baru menurunkan tarif angkot.

Permintaan itu disampaikan Ketua Komisi II DPRD Kota Kupang Melkianus Balle kepada wartawan di ruang kerja Komisi II, Selasa (20/01/2015). Balle mengatakan, penurunan harga BBM jenis premium sebelumnya sudah disampaikan oleh Pemerintah Pusat. Dengan demikian, seharusnya aturan ikutannya seperti penurunan tarif angkot dan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat juga harusnya sudah disiapkan.

“Jangan sampai sudah ada penurunan harga premium, namun tidak ada penyesuaian tarif angkot. Pemerintah harus proaktif bersama Organda untuk turunkan tarif angkot dengan membuat surat edaran,” katanya.

Sedangkan terkait harga barang kebutuhan pokok masyarakat, katanya, instansi teknis terkait seperti Dinas Perdagangan dan Industri, Satpol PP, bersama Komisi B agar berupaya menurunkan harga.

Sementera itu Anggota DPRD lainnya, Jabir Marola mengatakan, sebelum penurunan harga BBM, sudah diinformasikan terlebih dahulu. Sehingga, para pedagang juga sudah tahu. Dengan demikian, sudah sewajarnya harga barang kebutuhan pokok juga ikut turun. Hanya saja, untuk membiarkan para pedagang menurunkan harga memang agak sulit. Butuh intervensi dari pemerintah berupa operasi pasar.

Muhammad Khadafi Ghudban mengatakan, kenaikan harga BBM sifatnya fluktuatif. Dan dengan penurunan ini memang agak menyulitkan pemerintah dalam menetapkan tarif angkot. “Tapi harusnya bisa diantisipatif agar jangan bingungkan masyarakat,” katanya.

Soal harga bahan kebutuhan pokok, kata Ghudban, akan disesuaikan jika tarif angkot sudah diturunkan. Karena, perhitungan harga barang juga dipengaruhi tarif angkot. “Jadi kalau tarif angkot diturunkan dengan sendirinya harga sembako juga ikut turun,” katanya.

Baca Juga :  Fahmi Idris : Golkar runner up tapi ARB bawa terlunta-lunta

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button