Home / Populer / Hujan Deras Melanda NTT, Sejumlah Ruas Jalan Rusak

Hujan Deras Melanda NTT, Sejumlah Ruas Jalan Rusak

Bagikan Halaman ini

Share Button
andre-koreh-rakor-kota-kupang                     Kepala Dinas Pekerjaan Umum NTT, Ir. Andre Koreh, MT.

 

 

MORAL-POLITIK.com– Akibat hujan deras yang melanda wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebabkan sejumlah ruas jalan di daerah itu mengalami kerusakan, sehingga mengganggu jalur transportasi antar wilayah di sejumlah kabupaten dan kota.

“Ada sejumlah laporan bencana yang menyebabkan kerusakan jalan yang masuk kepada kami,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) NTT,Ir. Andre Koreh, MT kepada moral-politik.com di Kota Kupang, Rabu (21/01/2015).

Berdasarkan laporan secara lisan ke Dinas PU NTT, katanya, bencana terjadi di cabang Tilong, Kabupaten Kupang sehingga menyebabkan luapan saat hujan, akibat saluran drainase yang tidak mampu menampung air di jalan tersebut.

Dilaporkan juga di Manggarai Timur, tambahnya, jalan kabupaten yang putus, serta beberapa ruas jalan yang longsor di ruas jalan Mbelaing Mukun, akibat hujan yang melanda wilayah itu. Di Ngada, ruas jalan Airamo-Kaburea mengalami kerusakan yang parah dan mengganggu lalulintas.

Adapun di Kota Kupang dilaporkan, tanggul penahanan di pantai berpotensi abras, serta meluapnya air di jalan W.J. Lalamentik, tepatnya depan Romyta. “Laporan kerusakan jalan akibat bencana ini baru disampaikan secara lisan, sedangkan laporan tertulis belum diterima,” katanya.

Dia mengaku telah mengirim tim ke lokasi-lokasi bencana itu untuk melakukan pendataan dan memantau langsung kerusakan akibat bencana alam, sehingga bisa diambil tindakan darurat. “Kami akan merekap untuk diserahkan ke Gubernur dan Kementrian untuk penanganan darurat,” katanya lagi.

Sedangkan untuk penanganan permanen, katanya, tidak bisa dilakukan sesegera mungkin, karena harus diusulkan melalui mekanisme anggaran pada perubahan anggaran dan anggaran murni APBD dan APBN. “Kami masih menghitung kerugian akibat bencana ini,” pungkas dia.

Baca Juga :  Blusukan Jokowi pastikan pengerjaan kali dan waduk-waduk

(nyongky)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button