Home / Populer / Inflasi di NTT Lebih Rendah dari Inflasi Nasional

Inflasi di NTT Lebih Rendah dari Inflasi Nasional

Bagikan Halaman ini

Share Button
inflasiIlustrasi.

MORAL-POLITIK.COM-Inflasi yang terjadi di provinsi NusaTenggara Timur (NTT) di penghujung tahun 2014 mencatat angka yang menggembirakan. Inflasi tahun 2014 tercatat hanya sebesar 7,76 persen tau lebih rendah dari inflasi nasional yang mencapai 8,36 persen.

Demikian dikatakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Kupang, Naek Tigor Sinaga pada kegiatan pers conference yang berlangsung di Hotel Asthon Kota Kupang, Kamis (08/01/2015).

Naek mengatakan, inflasi yang terjadi pada tahun 2014 tergolong menggembirakan karena selama enam tahun terakhir inflasi di NTT selalu lebih tinggi dari inflasi secara nasional.

“Terakhir kali inflasi berada di bawah nasional terjadi pada tahun 2008. Namun di sisi lain inflasi yang terjadi secara month to month pada bulan Desember tahun 2014 mencapai 3,41 persen (MTM) atau lebih tinggi dari inflasi secara nasional sebesar 2,46 persen (MTM) nasional. Tingginya inflasi pada bulan Desember disebabkan oleh dampak lanjutan kenaikan BBM bersubsidi dan peningkatan permintaan masyarakat seiring perayaan Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Ia mengatakan, dari hasil analisis BI, pencapaian inflasi NTT yang lebih rendah pada tahun 2014 disebabkan oleh rendahnya inflasi bahan makanan seiring cukup terjaganya suplai. Disaat inflasi nasional bergejolak akibat harga komoditas beras dan aneka cabai yang terjadi diakhir tahun, inflasi volatile foods NTT cukup terjaga dengan rentang yang tidak terlalu tinggi. Inflasi volatile foods NTT pada tahun 2014 sebesar 5,49 untuk year on year (YTY), sementara untuk nasional mencapai 10,88 persen untuk (YTY).

(nyongky)

Baca Juga :  Ini Pembelaan ARB untuk Ratu Atut

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button