Home / Populer / Ini penyebab harga ikan di Kota Kupang naik tinggi

Ini penyebab harga ikan di Kota Kupang naik tinggi

Bagikan Halaman ini

Share Button
mahalSuasana di PPI Oeba, Kota Kupang. (Fotografer: Regen Mesah).

 

MORAL-POLITIK.COM– Harga berbagai jenis ikan yang dijual di sejumlah pasar di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), terus merangkak naik, menyusul tak melautnya para nelayan sejak lima hari terakhir ini.

Legi Wiandri, Pedagang ikan di setiap Pasar Pelelangan Ikan (PPI) Oeba, kepada wartawan, Selasa (6/1/2015) mengatakan sejak pekan lalu harga tiga jenis ikan laut di pasar Oeba, pasar Oesapa dan pasar Kelapa Lima, naik rata-rata Rp 5.000 sampai dengan Rp 35.000 per kilogram.

Seperti harga ikan Gembung, kata Legi, kini dijual dengan harga Rp 30.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 25.000, kemudian ikan Kakap Merah dari Rp 30.000 per kilogram menjadi 40.000 per kilogram, selanjutnya ikan Tongkol dari Rp 22.000 per kilogram naik menjadi Rp 50.000 per kilogram dan ikan Selayang Rp 60.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 25.000 per kilogram.

Melansir kompas.com, hal senada juga dikatakan Kepala PPI Oeba, Ahmad Faisal yang mengatakan harga ikan tersebut naik karena tidak adanya pasokan ikan dari nelayan.

“Karena musim hujan dan laut yang berombak, sehingga hasil tangkapan nelayan menurun dan akibatnya harga pun naik,” kata Faisal.

“Sebagai nelayan kami sudah patok harganya seperti itu, karena semua harga barang dan jasa sudah serba naik mulai dari tembako, angkut, atau barang lainnya tetap sudah naik, dengan adanya cuaca seperti ini maka kami penjual ikan tetap kasih patokan harga seperti itu,“ pungkas Faisal.

(erny)

Baca Juga :  Temui Jokowi, Pengurus Daerah PDI-P Kritik Kinerja Menteri

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button