Home / Populer / Jika Bendungan Kolhua Jadi Dibangun, ini janji Pemkot Kupang!

Jika Bendungan Kolhua Jadi Dibangun, ini janji Pemkot Kupang!

Bagikan Halaman ini

Share Button

salami

 

 

MORAL-POLITIK.COM– Jika jadi dibangun, pemerintah Kota Kupang akan menamai Bendungan Kolhua dengan Bendungan Helong. Penamaan Bendungan Helong untuk menghargai Suku Helong yang selama ini mendiami di sekitar lokasi pembangunan bendungan tersebut.

Demikian dikatakan, Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man kepada moral-politik.com di Kota Kupang, belum lama ini.

Ia mengaku, ada sejumlah anggapan bahwa rencana pembangunan bendungan di Kolhua, sengaja untuk menyingkirkan Etnies Helong dari tempat itu. Semua anggapan itu, menurutnya, tidaklah benar. Rencana pembangunan bendungan hanyalah untuk pemenuhan air bersih bagi warga Kota Kupang termasuk Suku Helong yang berada di dalamnya.

“Anggapan-anggapan sepertinya sengaja ditiupkan oleh oknum-oknum yang tidak peduli dengan keadaan di Kota Kupang. Mereka hanya memikirkan kepentingan mereka sendiri tanpa mempedulikan kepentingan orang banyak,” katanya.

Dia mengaku, jika warga Kolhua bersedia menyerahkan lahan mereka untuk dibangun bendungan, akan ada kenaikan APBD untuk ganti kerugian. Ganti kerugian akan dinaikan oleh pemerintah karena dalam sidang APBD murni lalu, pemerintah Provinsi telah menambahkan alokasi ganti rugi bagi warga pemilik lahan dan sudah disetujui oleh DPRD.

“Bukan cuma hanya ganti rugi soal tanah saja. Selama tiga tahun pemerintah akan memberikan bantuan untuk kehidupan warga kolhua. Selain itu lahan pertanian akan diganti dengan pertanian, kemudian makam-makam yang ada akan dipindahkan dan semuanya dibiayai oleh pemerintah, dan warga kolhua tinggal mengajukan saja permintaan mereka kepada pemerintah,” tambahnya.

(nyongky)

Baca Juga :  Ini dia kata JK kepada Ahok

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button