Home / Populer / Kota Kupang dan Belu terbanyak pengidap HIV/AIDS

Kota Kupang dan Belu terbanyak pengidap HIV/AIDS

Bagikan Halaman ini

Share Button
beluIlustrasi. (sumber: medineplus.blogspot.com)

MORAL-POLITIK.COM– Ketua KPA Provinsi NTT dr. Husein Pancratius menuturkan bahwa bayi yang terinfeksi HIV/AIDS di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) paling banyak berada di dua daerah, yaitu Kota Kupang dan Belu.

Kepada moral-politik.com, Sabtu (10/1/2015) dr Husein menambahkan, dari  data yang dirilis Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi NTT, sebanyak 105 bayi terinfeksi virus HIV dan AIDS.

“Data ini  kami dapat dari hasil Voluntary Counselling and Testing (VCT) yang merupakan proses konseling sebelum dan setelah tes dalam tes HIV sukarela. Sifatnya rahasia dan sejak dini membantu orang mengetahui status HIV,” katanya.

Bahkan mantan Direktur RSU W.Z.Yohannes Kupang ini, jumlah bayi terinfeksi HIV dan AIDS diperkirakan akan meningkat pada 2015.

Yang bisa didata, tambahnya, angkanya selalu lebih kecil karena masih banyak kabupaten yang belum menerapkan VCT.

“Jumlah pengidap HIV dan AIDS di NTT hingga akhir 2014 mencapai 3.041 orang, sejak ditemukan pertama kali di Flores Timur pada 2007 silam. Ini jumlah kasus yang berhasil didata, tapi masih banyak yang tidak terdata,” katanya.

Untuk menekan jumlah pengidap HIV dan AIDS, katanya, KPAP NTT telah membentuk kader peduli HIV dan AIDS hingga pedesaan. Sebab, sebagian besar pengidap penyakit mematikan ini berasal dari desa-desa. Dia juga meminta masyarakat di NTT segera melakukan VCT. “Semua orang bisa terinfeksi HIV dan AIDS,” pungkas dia.

(nyongky)

Baca Juga :  DPP Gerindra setujui Gabriel Beribina Wakil Ketua DPRD NTT

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button