Home / Populer / Mengapa Tim Independen Minta Budi Gunawan Mundur sebagai Calon Kapolri?

Mengapa Tim Independen Minta Budi Gunawan Mundur sebagai Calon Kapolri?

Bagikan Halaman ini

Share Button
mintaCalon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan saling berpegangan tangan dengan anggota Dewan usai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (14/1/2015). Sebelumnya Komjen Pol Budi Gunawan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi tekait dugaan rekening gendut Polri.

 

MORAL-POLITIK.com– Ketua tim independen Syafii Maarif mengungkapkan, pihaknya sudah menyampaikan sejumlah masukan kepada Presiden Joko Widodo perihal kisruh antara Polri dan KPK. Salah satunya ialah agar pelantikan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai kepala Polri dibatalkan. Tim juga meminta Budi mengundurkan diri dari pencalonan itu.

“Yang paling bagus, BG mundur dari pencalonan dan itu mungkin akan terjadi,” kata Syafii di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Mantan Ketua PP Muhammadiyah itu menyatakan, suara tim independen bulat menginginkan hal itu dilakukan oleh Presiden. Dia menilai, wacana yang berkembang agar Budi Gunawan dilantik dan kemudian diberhentikan sulit dilakukan.

“Bagi saya, itu berat sekali. Dilantik, lalu diminta berhenti, kalau tidak mau berhenti kan repot itu. DPR itu punya (langkah) apa sendiri bukan? Politik itu,” katanya.

Menurut Syafii, atas saran dari tim independen ini, Jokowi akan mengambil keputusan dalam waktu dekat. Dia berharap Jokowi bisa membuat sikap pada akhir Januari.

Jokowi, sebut Syafii, juga harus berani mengambil risiko jika tidak melantik Budi. Dia menyadari keputusan tersebut akan mengganggu hubungan eksekutif dan legislatif.

“Yang penting komunikasi politiknya dan sepertinya Presiden optimistis,” pungkas Syafii.

Kalangan DPR mendesak Presiden Jokowi segera mengambil sikap terkait pelantikan kepala Polri. Setelah Jenderal (Pol) Sutarman diberhentikan, kepemimpinan Polri diserahkan kepada Wakil Kepala Polri Komjen Badrodin Haiti hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Baca Juga :  GSK Kesal, 4 Tahun Jalan Provinsi di Lembata Tak Disentuh

(erny)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button