Home / Populer / Nasihat bagi wanita untuk merawat Miss V secara rutin

Nasihat bagi wanita untuk merawat Miss V secara rutin

Bagikan Halaman ini

Share Button
vaginaIlustrasi.

MORAL-POLITIK.COM– Topik soal kesehatan vagina memang menjadi pembicaraan yang tak ada habisnya bagi kaum hawa. Selain diperbincangkan, ada baiknya jika Anda para wanita juga melakukan tindakan nyata yakni memeriksa kesehatan vagina Anda secara rutin.

Diutarakan pakar kandungan dan kebidanan Alyssa Dweck, MD, memeriksa kesehatan vagina secara teratur secara tidak langsung memberdayakan diri sendiri untuk lebih mengenal dan menyayangi tubuh. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah masalah kesehatan di masa mendatang.

“Mempelajari bagian tubuh wanita di cermin bisa membantu Anda melihat adanya tahi lalat baru, lesi yang menyakitkan atau berdarah, kulit yang menebal di area tertentu, dan adanya lepuhan,” terang Dweck.

Melansir detik.com, untuk memeriksa vagina, Anda bisa menggunakan cermin dan berdiri di kamar mandi. Posisi satu kaki di lantai dan kaki lainnya terangkat serta berpijak pada tepi toilet. Dengan posisi seperti itu, pastikan Anda bisa melihat labia majora, labia minora, klitoris, perineum, uretra, lubang vagina, dan anus.

“Jika terdapat bentuk, panjang, atau penampakan bagian-bagian seperti itu yang tak normal segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda. Lakukan pengecekan ini setiap beberapa minggu meskipun lebih sering melakukannya akan lebih baik,” imbuh wanita yang juga ikut menulis buku ‘V for Vagina’ ini.

Kesehatan vagina juga bisa terlihat melalui gejala lain misalnya saja keputihan alias keluarnya cairan berlebih opada vagina. Dikatakan dr Eddy Karta SpKK, keputihan bisa terjadi karena kondisi normal misalnya menjelang dan sesudah menstruasi.

Namun, bisa pula karena infeksi akibat perubahan keseimbangan bakteri di dalam vagina misalnya saja akibat perubahan fisik, hormonal, kelelahan, atau pakaian dalam yang tidak sesuai.

“Namun memang ada keluhan keputihan akibat penyakit kelamin. Jika keputihan berbau atau disertai perdarahan, sebaiknya segera periksakan ke dokter,” kata dr Eddy kepada detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis pada Senin (12/1/2015).

Baca Juga :  Pak Jokowi, Ada Ancaman Serius dari FPI Nih

(erny)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button